Syntactic Error Analysis in Writing Arabic Sentences at Tsanawiyah Level and Its Implications
(1) Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka University
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agussalim, Andi, Yusring Sanusi, Achmad Risky, Nur Putri Widiyawati Nasir, Dzakiah Jilan Dzakirah, dan Andi Vieriawan. “Menemu-Kenali Faktor Penyebab Kesalahan Penulisan Bahasa Arab Dalam Tugas Akhir Mahasiswa.” Jurnal Ilmu Budaya, 2023.
Aisyah, Rahmi, Irvan Iswandi, dan Moh. Mas’ud Arifin. “Kemampuan Menulis Bahasa Arab Dengan Metode Imla’ Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mu’awanah.” Innovative: Journal Of Social Science Research, 2023: 8259-8269.
Apriliana, Vina, Dian Risky Amalia, dan Luluk Muhidatul Hasanah. “Kesulitan Santri dalam Maharah Kitabah Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Mustaqim Lampung Tengah.” an-Nahdlo: Journal of Arabic Teaching, 2024.
Azizah. “Penerapan Metode Imla’ Al-Ikhtibari dalam Meningkatkan Kompetensi Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Dayah Terpadu Al-Muslimun.” Al-Madãris, 2022.
Dewi, Kadek Yati Fitria, dan Luh Tu Desy Herayuni. “Mengelola Siswa Dengan Kesulitan Belajar Menulis (Disgrafia).” Daiwi Widya: Jurnal Pendidikan, 2021.
Fahmi, Ari Khairurrijal. “Analisis Kesalahan Gramatikal Teks Terjemah (Indonesia-Arab) dalam Pendidikan Bahasa Arab.” Kordinat, 2016.
Halil, Rahmatika. “Linguistik Bahasa Arab Persepektif DR.H.Sahkholid Nasution, S.AG, MA dalam Buku Pengantar Linguistik Bahasa Arab.” Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2024.
Hasani, Zhul Fahmy. “Penerapan Metode Imla’ untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIIC MTs Muhammadiyah 02 Pemalang.” Journal of Arabic Learning and Teaching, 2013.
Hervina, Lola, dan Nofa Isman. “Kesalahan Populer dalam Kemahiran Menulis Bahasa Arab di STIBA Arraayah Sukabumi.” 2022, 137-154.
Hikmah, Khizanatul, Anis Farikha, dan Muhlasin Amrullah. “Analisa Kesalahan Kitabah Berbasis Teori Rusydi Ahmad Thuaimah.” Halaqa: Islamic Education, 2020.
Imron, Kristina. “Analisis Kesalahan Morfologi Dan Sintaksis Pada Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Raden Fatah Palembang.” Proceedings Raden Fatah, 2021.
Insaniyah, Anyes Lathifatul, dan Umi Yurika Nur Kumala. “Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla`.” TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2022: 47-60.
Irfan, Hanif. “Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Iman Bandung).” Lisanan Arabiya, 2020.
Iskandar, Muhammad Lutfiana. “Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab.” Raushan Fikr, 2017.
Kuraedah, Sitti. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Al-Ta’dib, 2015.
Munawarah, dan Zulkiflih. “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab.” Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab, 2020.
Nurhuda, Abid. “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Santri Nurul Huda Kartasura.” Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2022: 23-29.
Nurlaila, Nurdiniawati, dan St. Amnah. “Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam dan Kitabah pada Mahasiswa Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAI Muhamadiyyah Bima.” Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2022: 39-51.
Oktavera, Hasnil. “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren.” Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado, 2019.
Parhan, dan Ghufron Maksum. “Taksonomi Linguistik, Analisis Kesalahan Bahasa dalam Pembelajaran Insya.” Ta’limi: Journal of Arabic Education & Arabic Studies, 2022.
Pauseh, Amanah Noor, Nanda Nurul Azmi, dan Alvira Pranata. “Analisis Faktor-FaktorKesulitan Belajar Bahasa Arab Serta Solusinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Armala : Jurnal Pendidikan dan sastra Bahasa Arab, 2022.
Rathomi, Ahmad. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Tarbiya Islamica Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam, 2020: 1-8.
Rozak, Abd. “Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren di Rangkasbitung Banten.” Arabi : Journal of Arabic Studies, 2018.
Saepudin. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Praktek. Yogyakarta: TrustMedia Publishing, 2012.
Saidah, dan Tawakkal. “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab dan Implikasinya pada Makna.” Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2022: 60-72.
Srijayarni, Eka, Abdullah Pandang, dan Suciani. “Problematika Kepercayaan Diri Rendah Siswa Dan Penanganan (Studi Kasus pada Siswa Di SMA Negeri 1 Pangkep).” Pinisi Journal Of Education , 2023: 2-14.
Sulaiman, Edy. “Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula).” Edu Journal Innovation in learning and education, 2023: 143-151.
Taubah, Miftachul, dan Ilzam Dhaifi. “Reseptif dan Produktif Dalam Bahasa Arab.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 2020: 33-36.
Umroh, Ida Latifatul. “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.” Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 2018: 68-92.
Yusuf, Juhaeti, Ahmad Zaki Alhafidz, dan Muhammad Fahmi Luthfi. “Menulis Terstruktur Sebagai Urgensi Peembelajaran Maharah Al-Kitabah.” An Nabighoh, 2019.
DOI: 10.24235/ibtikar.v14i1.19940
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nabila Rahmafillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.