PEMASARAN PRODUK DISTRIBUTOR OUTLET DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM

Syafrudin .(1*), Ahmad Dasuki Aly S.(2), Teja Subakti(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

 

This research is in the background because of unhealthy competition and lack of ethics owned by the entrepreneurs distro in Babakan subdistrict in running their business activities. The existence of a competition in the business, one of them by mutual menggelek-ugly fellow business. This is certainly contrary to the business teachings in accordance with the principles of Sharia. The method used in this research is qualitative by using Islamic business ethics approach. Technique of collecting data which is done, that is observation, interview and documentation. From the results of this study indicates that marketing ethics conducted by entrepreneurs distro in sub-district Babakan already in accordance with Islamic Business Ethics. by applying marketing ethics in the context of Production, within the context of Price, in the context of Distribution, and in the context of Promotion. And each context of marketing ethics has been well executed by the perpetrators of business distro in sub-district Babakan in accordance with Islamic Business Ethics.

 

Keywords: Marketing Ethics, Distro, and Islamic Business Ethics

 

Abstrak

 

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya persaingan tidak sehat dan kurangnya etika yang dimiliki oleh para pengusaha distro di kecamatan babakan dalam mejalankan aktivitas bisnisnya. Adanya suatu persaingan dalam usaha tersebut, salah satunya dengan saling menjelek-jelekan sesama pelaku bisnis. Hal ini tentunya bertentangan dengan ajaran bisnis yang sesuai dengan prinsip Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan etika bisnis Islam. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa etika pemasaran yang dilakukan oleh para pengusaha distro di kecamatan babakan sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam. yaitu dengan menerapkan etika pemasaran dalam konteks Produksi, dalam konteks Harga, dalam konteks Distribusi, dan dalam konteks Promosi. Dan masing-masing konteks etika pemasaran tersebut telah dijalankan dengan baik oleh para pelaku usaha distro di kecamatan babakan sesuai dengan Etika Bisnis Islam.

Kata Kunci : Etika Pemasaran, Distro, dan Etika Bisnis Islam.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amrin, Abdullah. Asuransi Syari’ah. Jakarta: Media Komputindo, 2006.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1993.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran – Dasar, Konsep dan Strategi, Cet. VII. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Aziz, Abdul. Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta, 2013.

Djakfar, Muhammad. Hukum Bisnis. Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Fauroni, R. Lukman. Etika Bisnis dalam al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Firmansyah, Aji. “Analisis Implimentasi Strategi Marketing Mix pada Manajemen Pemasaran Supermarket Tip Top dari Perspektif Etika Bisnis Islam”, Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2015.

Gunara, Thorik dan Utus Hardiono. Marketing Muhammad. Bandung: Madania Prima, 2007.

Gymnasiar, Abdullah dan Hermawan Kertajaya. Berbisnis Dengan Hati. Jakarta: Mark Plus & CO, 2004.

Hakim, Muhammad Aziz, (ed). Dasar & Strategi Pemasaran Syariah. Jakarta: Renaisan, 2005.

Kha, Muh. Ahkram. Ajaran Muhammad SAW. tentang Ekonomi: Kumpulan Hadits-hadits Pilihan tentang Ekonomi. Jakarta: PT. BMI, 1996.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Nabawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1990.

Nasution, Mustafa Edwin, et.al. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

Purwaningsih, Endang. Hukum Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1993.

Rahman, Pupu Saeful. “Penelitian Kualitatif”, Equilibrium, Vol. 5, No. 9 (Juni, 2012).

Saman, Muhammad. “Persaingan Industry PT. Pancanata Centralindo (Perspektif Etika bisnis Islam)”, Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2010.

Setyawati, Fify dan Fikhy Endriaz. Kode Etik Pemasaran Ditijau dalam Perspektif Marketing Syariah. Bogor: Program Kreativitas Mahasiswa ITB, 2009.

Sudarsono, Heri. Konsep Ekonomi Islam: Suatu Pengantar. Yogyakarta: UII Press, 2008.

Suindrawati, “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus di Toko Jesy Busana Muslim Bapangan Mendenrejo Blora)”, Skripsi. Semarang: UIN Walisongo, 2015.

Suliyanto. Studi Kelayakan Bisnis: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.

Sunjoto, Arie Rachmat. “Strategi Pemasaran Swalayan PamelladDalam Perspektif Islam”, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. 3, No. 1 (2010).

Sutyoso, Bambang. Penyelesaian Sengketa Bisnis. Yogyakarta: Citra Media, 2006.

Wibowo, Sukarno dan Dedi Supriadi, Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Yusanto, Muhammad Ismail. Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani Press, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/jm.v3i2.3384

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.