ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERSAINGAN USAHA HOME INDUSTRY TAPE KETAN CIBEUREUM

Didi Sukardi(1*), Slamet Firdaus(2), Ima Sri Fatmawati(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

Seeing the business opportunities are getting better in the business of glutinous tape production, no wonder if the people of Kuningan District special in Cibeureum Village many who wrestle the business. Of the many business actors emerged the competition, the result of the many competitions that occur arise unfair business competition model due to fraud. The method used in this research is qualitative by utilizing Islamic law approach. Techniques of data collection conducted, namely observation, interview and documentation. The results of this study indicate that the competition of home industry sticky tape industry in Cibeureum Village is included in the model of unfair business competition, because there are dishonest businessman cheating in doing business or business. Fraud is caused by dishonest businessmen (cheaters) who do not want to include the composition of the use of synthetic dyes (additional) on sticky tape label label packaging. So that consumers do not know, because of the unspoiled measures that are not justified by Islamic Law in carrying out economic transactions.

 

Keywords: Competition, Business, Home Industry, Islamic Law.

 

Abstrak

Melihat peluang usaha yang semakin baik dalam usaha produksi tape ketan, tak heran jika masyarakat Kabupaten Kuningan khusus nya di Desa Cibeureum banyak yang menggeluti usaha tersebut. Dari banyaknya pelaku usaha timbulah persaingan, akibat dari banyaknya persaingan yang terjadi timbulah model persaingan usaha tidak sehat karena adanya kecurangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan hukum Islam. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persaingan usaha home industry tape ketan di Desa Cibeureum termasuk pada model persaingan usaha tidak sehat, karena terdapat kecurangan pengusaha yang tidak jujur dalam melakukan usaha atau bisnis. Kecurangan tersebut diakibatkan dari pengusaha tidak jujur (curang) yang tidak mau mencantumkan komposisi penggunaan bahan pewarna sintetis (tambahan) pada tape ketan dilabel merek kemasannya. Sehingga konsumen tidak mengetahuinya, oleh karena ketidakterbukaan tersebut langkah itu tidak dibenarkan oleh Hukum Islam dalam menjalankan transaksi ekonomi.

 

Kata Kunci: Persaingan, Usaha, Home Industry, Hukum Islam.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Hakim G. Nusantara, Erman, HMBC R. Litigasi Persaingan Usaha, dalam http://obor.or.id/litigasi-persaingan-usaha.

Chudhry, Muhammad Sharif. Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana, 2012.

Desy Aty Purnama, “Analisis Persaingan Minimarket dengan Pedagang Kecil Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah”, Skripsi (Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2015).

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.

Hasibuan, Nurimansjah. Ekonomi Industri: Persaingan, Monopoli dan Regulasi. Jakarta: LP3ES, 1994.

Indriantoro, Nur. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 1999.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Lubis, Suhrawardi K. dan Farid Wajdi, Hukum Ekonomi Islam. Jakarta: Sinar Grafika, 2012.

Mardiyah, Erna dan Asep Suryanto. “Analisis Penerapan Etika Bisnis Syari’ah di Pasar Tradisional Singaparna Kab. Tasikmalaya”, Penelitian Kolektif. Tasikmalaya: Universitas Tasikmalaya, 2010. 2.

Miraza, Bchtiar Hassan. Manajemen Bisnis. Bandung: ISEI Bandung, 2004.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Rahmawati, Aan. “Analisis Strategi Bersaing Dalam Pengembangan Produk pada CV. MUSTIKA FLAMBOYAN Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan”, Skripsi. Cirebon: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, 2015.

Ramadhan, S. Persaingan Usaha. http://digilib.uinsby.ac.id/1734/5/Bab%202.pdf.

Rivai, Veithzal, et.al. Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Saifullah, Muhammad. “Etika Bisnis Dalam Praktek Bisnis Rasulullah”, Jurnal Hukum Islam, Vol. 19, No. 1 (Mei, 2011).

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2005.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Surin, Bachtiar. Az-Zikra: Terjemah dan Tafsir al-Qur’an dalam huruf Arab & Latin juz 6-10. Bandung: Angkasa, 2004.

Suyanto, M. Muhammad Business Strategy & Ethics (Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW). Yogyakarta: ANDI, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/jm.v3i2.3681

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.