PERSEPSI DAN RESPON PESANTREN TERHADAP IMPLEMENTASI EKONOMI ISLAM

Agus Abikusna(1*),


(1) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

This study aims to look at what caused the problem is not optimal boarding school in supporting the economic development of Islam in Indonesia to see how the real perception or understanding santri boarding the Islamic economic concepts they have learned in the books that have become yellow studies in the Islamic world for many years. This study took place in Pondok Pesantren Al-Humaidy Astanajapura Cirebon, this kind of research is field research with a quantitative-descriptive approach. Quantitative Metodfe used so that measurement data in this study can be measured with certainty so that it can obtain the data that is accurate and unbiased. As a tool in data collection, we used a questionnaire, where the questions in the questionnaire is not only positive so easily justified by the respondents, but there are also questions that are negative, so that the level of understanding of the respondents will be seen clearly from the answers given in this research. Results from this study indicate that the perception or understanding of boarding school students Al-Humaidy against Islamic economic concepts very well with the achievement level of comprehension by 75% excellent and 25% good. From the findings of the perception is apparently proportional to the response given boarding school students Al-Humaidy the implementation isla economic concepts in Islamic banks, which reached 75% responded very well and 25% responded well.

Keywords: Boarding School, Implication, and Islamic Economics.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat masalah apa yang menyebabkan  tidak optimalnya pondok pesantren dalam mendukung pengembangan ekonomi Islam di Indonesia dengan melihat bagaimana sesungguhnya persepsi atau pemahaman santri-santri pondok pesantren mengenai konsep-konsep ekonomi Islam yang telah mereka pelajari dalam kitab-kitab kuning yang sudah menjadi kajian di dunia pesantren selama bertahun-tahun. Penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren Al-Humaidy Astanajapura Cirebon, jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif-deskriptif. Metodfe kuantitatif digunakan agar pengukuran data-data dalam penelitian ini dapat diukur dengan pasti sehingga bisa memperoleh data yang akurat  dan tidak bias. Sebagai alat dalam  pengumpulan data, maka digunakan kuisioner, dimana pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner ini tidak hanya bersifat positif sehingga dengan mudah dibenarkan oleh responden, namun juga ada yang bersifat pertanyaan negatif, sehingga tingkat pemahaman responden akan terlihat dengan jelas dari jawaban-jawaban yang diberikan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi atau pemahaman santri pondok pesantren Al-Humaidy terhadap konsep-konsep ekonomi Islam sangat baik dengan capaian tingkat pemahaman sebesar 75% sangat baik dan 25% baik. Dari temuan terhadap persepsi tersebut ternyata berbanding lurus dengan respon yang diberikan santri pondok pesantren Al-Humaidy terhadap implementasi konsep-konsep ekonomi isla di bank  syariah yang mencapai 75% merespon sangat baik dan 25% merespon baik.

Kata Kunci: Pesantren, Implementasi, dan Ekonomi Islam.

Full Text:

PDF

References


Data Statistic Perbankan Syariah Bank Indonesia tahun 2013.

Arifin, Zaenul. Memahami Bank Syariah (lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek). Jakarta: Alvabet, 2000.

Tim P3EI UII. Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Sudarsono, Heri. Konsep Ekonomi Islam sebagai Pengantar. Yogyakarta: Ekonomia, 2007.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Indonesia-Netherlands Cooperation in Isalmic Studies, 1994.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren (Studi tentang Pandangan Hidup Kyai). Jakarta: LP3ES, 1982.

Perwata, Karnaen Atmadja. Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogayakarta: Dana Bakti Wakaf, 1992.

Wijaya, Suparna dan Eka Abid Mahatma. “Analisis Upaya Peningkatan Penerimaan Perpajakan dari Penggalian Potensi Pajak atas Penghasilan Youtuber”, Jurnal Manajemen Keuangan Publik, Vol. 1, No. 2 (2017).

Aryani, Alvita Tyas Dwi. “Efektivitas Iklan Digital Google Adsense”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 20, No. 1 (2017).

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Karim, Adimarwan. Bank Islam: Analisa Fiqh dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Mas’adi, Ghufron. Fiqh Muamalah Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Antonio, M. Syafei. Bank Syari’ah dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Perss, 2001.

Muhammad. Ekonomi Islam (Suatu Kajian Kontemporer). Jakarta: Gema Insani, 2007.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Kreitner, Robet. Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat, 2005.




DOI: 10.24235/jm.v4i2.692

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:

        
Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats