PERILAKU PEMILIHAN MEREK ANTARA PRIA DAN WANITA: PENELITIAN PADA INDUSTRI SMARTPHONE

Rita Kusumadewi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Beda jenis kelamin maka akan beda pula cara berfikir seseorang. Sampai saat ini, nampaknya paradigma yang beredar di masyarakat menunjukkan bahwa pria memiliki pemikiran yang lebih sederhana bila dibandingkan dengan wanita saat dihadapkan pada dua atau lebih alternatif produk yang harus mereka beli.Saat ini handphone  atau  smartphone semakin hari semakin marak dan beragam bermunculan di pasar, dengan berbagai harga dan atribut produk unggulan yang ditawarkan kepada konsumen. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan baru, apakah harga dan atribut produk tersebut lebih penting dibandingkan sebuah merek bagi seorang pria dan wanita. Selain itu sangat penting diketahui apa yang menjadi alasan pria dan wanita saat memilih sebuah merek. Penelitian ini dilakukan kepada 200 orang responden pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bagi Pria hal yang paling utama yang menjadi pertimbangan mereka dalam memilih sebuah merek smartphone adalah Confidence, Pleasure,Effectiveness,Status, danResponsibility, sedangkan bagi wanita hal yang paling utama yang menjadi pertimbangan mereka dalam memilih sebuah  merek smartphone adalah Confidence, Pleasure,Effectiveness, dan Status.

 

 

Kata kunci: merek, perilaku pemilihan merek, perilaku konsumen, industri smartphone

 

 

Abstract

 

Different gender will influencing the way they thingking. Until now, the paradigm in society shows that man has a simple thought than a woman when they faced two or more product alternatives. Nowadays, many kinds of handphone or smartphone being showed up at the market, with various prices and product attributes. This phenomenon makes a new questions, does price and product attribute is more important than a brand to a man and a woman. Beside that, really important to know what is the reason between a man and a woman while they choosing a brand. This research using 200 respondents. And the result shows that  for a man there is a few important things that will considerately thingking in choosing a brand of a smartphone, which is confidence, pleasure, effectiveness, status and responsibility, in the other side the important things for a woman only four factors which is confidence, pleasure, effectiveness and status.

 

 

Keyword: brand, brand choices behaviour, customer behaviour, smartphone industry


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Basu Swasta dan T Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.

Donald R Cooper dan Pamela S Schindler.2006. Marketing Research. McGraw-Hill/Irwin. International Edition.

Dr. Uhar Suharsaputra . 2012.Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Drs. Danang Sunyoto et al. 2015.Manajemen Pemasaran Jasa: Merencanakan, Mengelola, dan Membidik Pasar Jasa. Yogyakarta: CAPS.

Derya Ozturk and Gungor Karakas. The determination of factors influencing brand choice of the university students: a research on the apparel industry. Journal of Life Economics. May 2016. Pg 69-78.

D.L.Loudon et. al, 1993. Customer Behaviour Concept and Applications. 4th ed., McGraw Hill.

Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, ANDI, Yogyakarta.

Hermawan Kartajaya. Integrated Sales & Marketing: Jurus Ampuh Mendongkrak Penjualan Menggunakan Strategi Pemasaran. 2006. Bandung: Mizan Pustaka.

L. G. Schiffman et al, 2007, Consumer Behaviour, 9th ed. New Jersey: Prentice Hall.

M. Rahmat Yananda dan Ummi Salamah. 2014. Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta: Makna Informasi.

R. Warren Ballantyne and K. Nobbs, The Evolution of Brand Choices, Brand Management, Vol.13, No.4/5, 2006, pp.339-352.

Sugiyono. 2006.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susanti Wahyuningsih. Analisa Perilaku Konsumen terhadap Merek dan Harga Makanan Ringan (Snack). FOKUS EKONOMI, Vol.2, No.1, Juni 2007. Hal 69-78.

Ujang Sumarwan et.al. 2011.Riset Pemasaran dan Konsumen. IPB Press: Bogor.

Y. Bentz and D. Merunka, Neural Networks and The Multinomial Logit for Brand Choices Modelling: a Hybrid Approach, Journal of Forecasting, Vol.19, 2000, pp.177-200.




DOI: 10.24235/amwal.v8i2.1619

Article Metrics

Abstract view : 429 times
PDF - 329 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats