Analisis Pengaruh Margin Dan Personal Selling Terhadap Minat Nasabah

Layaman Layaman(1*), Pritha Nilamsari(2),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena Lembaga keuangan yang tidak dapat menjangkau lapisan masyarakat dari golongan ekonomi ke bawah. Akibatnya 70 % s/d 90 % kekosongan ini diisioleh lembaga keuangan non formal, termasuk yang ikut beroperasi adalah para rentenir dengan mengenakan suku bunga yang sangat tinggi. Untuk menanggulangi kejadian-kejadian seperti ini perlu adanya usaha dari lembaga keuangan untuk meningkatkan minat masyarakat membeli produk-produk yang dikeluarkan oleh Bank, yaitu dengan prinsip bagi hasil atau margin pembiayaan dengan melakukan strategi promosi yang handal. Maka dari itu diadakan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh margin dan personal selling terhadap minat nasabah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Responden yang digunakan 71 orang, yaitu nasabah yang menggunakan produk warung mikro BSM di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Majalengka. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS versi 21.

Hasil uji menunjukkan bahwa tingkat margin berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah membeli produk-produk yang dikeluarkan oleh Bank.

 

Kata Kunci : Margin, Promosi, dan Minat Nasabah

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

This research is motivated by the phenomenon of financial institutions that can not reach the layers of society from economic class down. As a result, 70% to 90% of vacancies are filled by non-formal financial institutions, including those involved in moneylenders who wear very high interest rates. To cope with such occurrences, it is necessary for the business of financial institutions to increase the public interest in purchasing products issued by the Bank, ie by the principle of profit sharing or financing margin by conducting a reliable promotional strategy. Therefore, this study aims to find out how the influence of margin and personal selling on the interests of customers.

The method used in this study is to collect primary data with data collection techniques through questionnaire distribution. Respondents are used 71 people, namely customers who use products BSM micro shop in Bank Syariah Mandiri Majalengka Branch Office. Data analysis using multiple linear regression using SPSS program tool version 21.

The test results indicate that the margin level significantly influence the interest of customers and personal selling significantly influence the interest of customers to buy products issued by the Bank.

 

Keywords: Margin, Promotion, and Interest of Customer


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abhimantra, Ananggadipa, Andisa Rahmi Maulina, and Eka Agustianingsih. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah." Prosiding PESAT 5 (2013).

Ali Muhammad. Penelitian Kependidikan Prosedur & Stategi. (Bandung:Angkasa.2002), Hlm.51Asnawi, Nur dan Masyhuri, Metodelogi Riset Manajemen Pemasaraan, (Malang: UIN-Maliki Press),2011 Hlm.13

Didih Suryadi, Promosi Efektif Menggugah dan Loyalitas Pelanggan, (Yogyakarta:Oryza,2001), Hlm.8

Karim, Adiwarman, Bank Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2010)

Kurniawati, Eris Tri. "Analisis Pengaruh Profitabilitas Sistem Bagi Hasil dan Kualitas Layanan Bank terhadap Minat Nasabah Berinvestasi (Studi Kasus Pada Bank Muammalat Cabang Malang)." Jurnal Humanity 7.2 (2014).

Maisya, Fitri. "Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di Pt. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukittinggi." Jurnal Manajemen 2.01 (2013).

Muhamad, Lembaga-Lembaga Keungan Umat Kotemporer.(Yogyakarta:UII Press,2000),Hlm.65

Muhammad, Teknik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin pada Bank Syariah, (Yogyakarta:UII Press,2004), Hlm. 122

Nisak, Arifatun, Saryadi dan Sri Suryoko, “Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Tentang Perbankan Syari’ah Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syari’ah Semarang”.(2012). Dalam ejournal-s1.undip.ac.id.

Nova Theresia Sitepu “Pengaruh Brand Extension Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Nutrisari W’Dank Di Kecamatan Tampan PekanBaru” Jom FEKON, Vol.2 No.1 Februari 2015, Hal.3

Nugroho, Robertus Andy, Nawazirul Lubis, and Apriatni Endang Prihartini. "Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Semarang Pattimura." Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 3.4 (2014): 10-20.

Ortega, Daniel, and Anas Alhifni. "Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah." Equilibrium 5.1 (2017).

Philiph Kotler, Prinsip-prinsip Pemasaran, (Jakarta:Erlangga,2005), Hlm. 173

Ratih Huriyati, Bauran dan Loyalitas Konsumen, (Bandung:Alabeta,2008),Hlm.57

Wahab, Wirdayani. "Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah." Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol 1.2 (2016): 167-184.

Winkel WS. Psikologi dan Evaluasi Belajar, (Jakarta:PT.Gramedia, 1993), Hlm.30

Yudhiartika, Dian, and Jony Oktavian Haryanto. "Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek Dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s." Buletin Studi Ekonomi (2012).




DOI: 10.24235/amwal.v10i1.1694

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats