Pengaruh Emotional Marketing dan Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BSM pada Bank Syariah Mandiri KCP Cirebon Siliwangi

Intan Lestari(1*), Rita Kusumadewi(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Membangun loyalitas adalah bukan pilihan lagi dalam dunia perbankan. Terlebih beberapa tahun terakhir ini muncul satu trend, yaitu kecenderungan nasabah memiliki lebih dari satu rekening tabungan pada Bank yang berbeda. Untuk itu Bank syariah perlu membangun loyalitas nasabah, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pemasaran. Kunci utama dari pemasaran dalam perbankan yaitu membangun hubungan yang kuat secara berkelanjutan dengan nasabah. Beberapa hubungan yang coba dibangun oleh bank syariah dalam pemasaran adalah hubungan secara emosional dan spiritual. Dalam pemasaran lebih dikenal dengan nama emotional marketing dan spiritual marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden nasabah tabungan BSM pada Bank Syariah Mandiri KCP Cirebon Siliwangi. Pengujian menggunakan uji regresi linear berganda dengan SPSS (Stastistical Product and Service Solution) versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial emotional marketing memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 dan > yaitu 6,329 > 1,660. Kemudian spiritual marketing memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 dan > yaitu 4,919 > 1,660. Dan secara simultan emotional marketing dan spiritual marketing memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 dan > yaitu 38,171 > 2,36 dengan koefisien determinasi sebesar 44%, sementara sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Emotional Marketing, Spiritual Marketing, dan Loyalitas Nasabah

 

Abstract

Building loyalty is no longer a viable option in the banking world. Especially the last few years comes a trend, namely the tendency of customers to have more than one savings account at different Banks. For that Sharia Bank needs to build customer loyalty, one way to do is with marketing. The main key of marketing in banking is to build a strong relationship in a sustainable manner with customers. Some relationships that the sharia bank is trying to build in marketing are emotionally and spirituall. This research uses quantitative approach. The data used in this study is primary data with data collection techniques through the distribution of questionnaires to 100 respondents of BSM savings customers in Bank Syariah Mandiri KCP Cirebon Siliwangi. The test used multiple linear regression test with SPSS (Stastistical Product and Service Solution) version 21.0. The results showed that partially emotional marketing has an influence on customer loyalty with a significance value of 0.000 and t count > t table is 6.329> 1.660. Then the spiritual marketing has an influence on customer loyalty with a significance value of 0.000 and t count > t table of 4.919> 1.660. And simultaneously emotional marketing and spiritual marketing have influence to customer loyalty with value of significance 0.000 and F_count > F_table that is 38,171> 2,36 with determination coefficient equal to 44%, while the rest 56% influenced by other factor.

Keywords: Emotional Marketing, Spiritual Marketing, and Customer Loyalty


Full Text:

PDF

References


Buku:

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Jurnal:

Abdillah, Junaidi. “Fikih Pemasaran Menguak Pemikiran Hermawan

Kartajaya tentang Syariah Marketing.”Jurnal Ijtimaiyya (Pengembangan Masyarakat) Vol. 5 No. 1 (2012).

Asytuti, Rinda, Mariska Dewi Anggraini dkk. “Pengaruh Kepercayaan,

Kepuasan terhadap Loyalitas dengan Kepemimpinan Pengurus sebagai Variabel Moderating.”Jurnal Penelitian Vol. 10 No. 2 (2013).

Hermawan Kartajaya, Taufik, Jacky Mussry, dkk. “ Banking Competition in 2013 (in the time of regulatory trantition).” MarkPlus Insight Marketing + Social Research Paper (2013).

Khuong, Mai Ngoc, and Vu Ngoc Bich Tram. “The Effects of Emotional Marketing on Consumer Product Perception, Brand Awareness and Purchase Decision (A Study in Ho Chi Minh City, Vietnam).” Journal of Economics, Business and Management, Vol. 3, No. 5 (May 2015).

Kusumadewi, Rita. “Pelaksanaan Emotional Marketing melalui The Emotional Es sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan.”Jurnal Al-Amwal Vol. 7 No. 2 (2015).

Mufidah, Umri. “Efektivitas Pemberian Reward melalui Metode Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia dini.” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies Vol. 1 No.2 (November 2012).

Nurbasari, Anny. “The Impact of Spiritual Marketing on Consumer Behavior in choosing Halal Food (Case study on moslim community in Bandung).” Al Hijaz International Refereed Journal for Islamic & Arabic Studies Issue 10 (Februari 2015).

Susilo, Irene, dan Hatane Semuel. “Analisa Pengaruh Emotional Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness pada Produk Dove Personal Care di Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 9 No. 1 (April, 2015).

Tauli, Osin, dan Marhadi. “Pengaruh Emotion Marketing dan Experiental Marketing terhadap Customer Loyalty Pondok Khas Melayu di Pekanbaru.” Jurnal Ekonomi Vol. 20 No. 4 (Desember 2012).

Wulansari, Dessy, dan Yessy Artanti. “Pengaruh Pemasaran berdasarkan Pengalaman, Pemasaran Emosional terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 No. 4 (Oktober 2014).

Skripsi:

Farida, Ida. “Pengaruh Penerapan Layanan Marketing Syariah dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (Rumah Makan Wong Solo Cabang Tebet).” Skripsi, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

Sari, Winda Yunita. “Analisis Pelaksanaan Pelayanan Transportasi pada Angkutan Trans Metro kota Pekanbaru.” Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosisal, UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, 2014.

Siregar, Hafiz Eka Prawira. “Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Rasional, Emosional, dan Spiritual terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Bank Mandiri Syariah Cabang Medan Ahmad Yani.” Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, 2015.

Sulfiyah, “Pengaruh Kualitas Customer Service terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon.” Skripsi, Fakultas Syariah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2012.

Wahid, Herry Aslam. “Studi Analisis Pemikiran Muhammad Syakir Sula tentang Model Spiritual Marketing dan Implementasinya dalam Perbankan Syariah (Studi Kasus di Bank Muamalat Indonesia cabang Semarang).” Skripsi, Fakultas Syariah, IAIN Walisongo Semarang, 2011.

Website:

Darwish, Hisham. “Emotional Marketing.” Think Marketing, 10 Mei 2013. Https://thinkmarketingmagazine.com/emotional-marketing/. Diakses 13 Maret 2013.

Http://www.bi.go.id

Http://www.ojk.go.id

Http://www.syariahmandiri.co.id




DOI: 10.24235/amwal.v9i2.1749

Article Metrics

Abstract view : 560 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats