Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah

Muhammad Zuhirsyan(1*), Nurlinda Nurlinda(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan persepsi para nasabah Perbankan Syariah dalam menentukan pilihan menjadi nasabah di BRI Syariah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh religiusitas dan persepsi terhadap keputusan memilih perbankan syariah di PT. BRI Syariah di Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal dengan metode pengumpulan data menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner serta sampel dipilih secara random sampling. Pengolahan data akan dibantu dengan alat analisis data untuk menjawab apakah terdapat pengaruh yang signifikan tingkat religiusitas terhadap keputusan memilih bank syariah pada PT. BRI Syariah KC. S. Parman serta Apakah terdapat pengaruh yang signifikan persepsi terhadap keputusan memilih bank syariah pada PT. BRI Syariah KC. S. Parman. Hasil penelitian menunjukkan, secara simultan religiusitas dan persepsi nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih bank syariah. Sementara secara parsial, hanya variable religiusitas yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih bank syariah.

 

Kata Kunci: Religiusitas, Persepsi Calon Nasabah, Keputusan Memilih, Bank Syariah

 

Abstract

 

The purpose of this research is to determine the influence of religiosity and perceptions of sharia banking customers in determining the choice of becoming a customer at BRI Syariah. This research was conducted to measure the influence of religiosity and perceptions on the decision of choosing sharia banking in PT. BRI Syariah in Medan. The type of this research is causal research with data collection method using survey method and data collection technique using questionnaire technique and sample is choosen by random sampling. Data processing using data analysis tool to answer whether there is a significant influence the level of religiosity to the decision of choosing Islamic banks at PT. BRI Syariah KC. S. Parman and is there any significant influence perception on decision of choosing sharia bank at PT BRI Syariah KC. S. Parman. The results showed, simltaneously the religiosity and perception of customers significantly influence the decision to choose Islamic banks. While partially, only variable religiosity has a positive and significant influence on the decision to choose Islamic banks.

 

Keywords: Religiosity, perception of Prospective Customers, Decision of Choosing, Sharia Bank


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abhimantra, A., Maulina, A. R., & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Menggunakan Layanan Internet. In Proceeding Pesat (Psikologi,

Ekonomi, Sastra, Asitektur & Teknik Sipil) (Vol. 5, pp. 170–177).

Ahmad, N dan Haron, S. 2001. Perception of Malaysian Corporate Customers Toward Islamic Banking Products & Services, International Journal of Islamic Financial Service, Vol. 3 No. 4.

A. Karim, Adiwarman. 2010. Ekonomi Makro Islam. Jakarta : Rajawali Pers

A. Karim, Adiwarman. 2014. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Almossawi, M. Bank selection criteria employed by college students in Bahrain: an empirical analysis, The International Journal of Bank Marketing, 1991, Vol.19 No. 3, pp 115

Fadhil Nur Ahmad. 2010. Etika Bisnis. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013, Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hanik, S. U., & Handayani, J. (2014). Keputusan Nasabah Dalam Memilih Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Perbankan Indonesia, 22 No.2(2), 188–202.

Irbid dan Zakra. 2001. Banking Behaviour of Islamic Bank Costumers; Perspective and Implications. International of Bank Marketing. Vo. 16, No. 7,pp. 299-313

Ismail Muhammad Bakar. 2008. Fiqah Lengkap, Kuala Lumpur: Berlian Publication, Jilid I, terj. Muhammad Zuhirsyan dkk.

Ismail Faisal. 2007. Paradigma Kebudayaan Islam, Yogyakarta: Titian Ilahi Press.

Kamsir. 2003. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Levin, Richard L, dan Rubin, David S, 1998. Statistic For Managemnet, 7 th edition. Prentice-Hall International, Inc.

Metawa, S. A., & Almossawi, M. Banking behavior of Islamic bank customers: Perspectives and implications,

Muhammad. 2002. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: AMP YKPN

Muhammad. 2004. Bank Syariah Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Yogyakarta: Ekonomis

Nata, Abudin. 2011. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Grasindo.

Nikensari, Sri Indah. 2012. Perbankan Syariah. Semarang: Pustaka Rizki Putra

Rivai, H., Luviarman, N., & Dkk. (2006). Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah vs Bank konvensional. Kerjasama BankIndonesia Dan Center for Banking Research Universitas Andalas, 1–17.

Rohmadi, Nurbaiti, & Junaidi. (2016). Analisi Faktor Penentu Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional di Kote Bengkulu. Jurnal Munhaj, 4(3), 283–290.

Santoso, Singgih, 2001, SPSS Statisitik Parametrik; Elex Media Komputindo, Jakarta. Sekaran,

Uma. 2011. Metodologi penelitian untuk Bisnis. Jakarta; Salemba empat.

Sugiyono 2012. Metodologi penelitian kuantitati kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta

Sugioyono, 1999. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung Suhendi, Hendi. 2008. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sukirno, Sadono. 2006. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset

Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data SPSS. Yogyakarta: Andi Offset Rivai, Veitzal. 2008. Islamic Financial Management. Jakarta, RajaGrafindo Persada

Poerwadarminta, W.J.S. 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Rofiq. 2004. Fiqh Konstektual.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Umar, Husein, 2008. Metode penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Pers. Jakarta




DOI: 10.24235/amwal.v10i1.2812

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats