Pengaruh Penerapan Total Quality Manajemen dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Karyawan

Layaman Layaman(1*), Putri Fauziyah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Perkembangan perbankan syariah saat ini sangat pesat sehingga persaingan dalam dunia perbankan sangat ketat. Manajemen perusahaan harus bekerja bersama-sama secara optimal untuk menghasilkan produk barang dan jasa yang berkualitas. Salah satu alat manajemen kualitas yang biasa digunakan adalah total quality manajemen. Total quality manajemen merupakan pendekatan yang digunakan perusahaan dalam meningkatkan kualitas secara sistematis dengan menggunakan banyak dimensi, penerapan total quality manajemen yang terencana dan terarah dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja karyawan. Pada saat yang sama juga karyawan memerlukan balik jasa atas kinerja yang mereka kerjakan sebagai motivasi dalam meningkatkan kualitas kinerja yang disebut dengan sistem penghargaan. Sistem penghargaan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup karyawan dan membangun produktivitas kerja sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan total quality manajemen dan sistem penghargaan terhadap kinerja karyawan BNI Syariah Cabang Cirebon.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research karena peneliti memperoleh informasi langsung dari responden melalui kuesioner/angket, serta observasi. Uji instrumen yang digunakan yaitu uji validitas dan realiabilitas, karena data berbentuk ordinal maka di transformasikan terlebih dahulu ke data interval. Kemudian data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis (uji t/parsial, uji f/simultan, dan uji determinasi).

Berdasarkan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 15,521 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,29 dan angka signifikan 0,000 yaitu <0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian maka total quality manajemen dan sistem penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan BNI Syariah Cabang Cirebon.

 

 

Kata Kunci : Total Quality Manajemen, Sistem Penghargaan, Kinerja Karyawan

 

 

 

 

Abstract

 

               The development of Islamic banking is currently very rapid so that competition in the banking world is very tight. The management of the company must work together optimally to produce quality products and services. One of the commonly used quality management tools is total quality management. Total quality management is the approach used by the company to improve quality systematically by using multiple dimensions, the planned and targeted implementation of total quality management can increase employee productivity and performance. Employee performance is an important element in the company because employee performance will determine the success of a company. In this competitive development, companies need high-achieving employees. At the same time, employees need to return services for the performance they are working on as a motivation to improve the quality of performance called the reward system. The reward system is expected to improve employee's welfare and build work productivity so that the company's goals can be achieved well

               This study aims to determine how the effect of total quality management, the influence of the reward system, and the effect of the implementation of total quality management and reward systems on employee performance of BNI Syariah Cirebon Branch. This study uses a quantitative approach. The type of research used is field research because researchers obtain information directly from respondents through questionnaires / questionnaires, as well as observations. The instrument test used is the validity and realiability test, because the data is ordinal, it is transformed first to interval data. Then the data were analyzed using classical assumption test, multiple linear regression test and hypothesis test (t / partial test, simultaneous f / test, and determination test).

               Based on the calculation results of Fcount of 15.521 is greater than Ftable of 3.29 and a significant number of 0.000 is <0.05, this means that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that the total quality management variable (X1) and reward system (X2), together influence the employee performance variable (Y). Thus the total quality management and reward system have a significant effect on employee performance of BNI Syariah Cirebon Branch.

 

Keywords: Total Quality Management, Award System, Employee Performance


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prektek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, N. (2011). Metodologi Risaet Manajemen Pemasaran. Malang: UIN MALIKI PRESS.

Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga: Salatiga STAIN Press.

Bungin, M. B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Faizati, A. F. (2016). Pengaruh promosi jabatan dan insentif terhadap kinerja karyawan bank BNI Syariah Cabang Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Hariandja, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, pengkompensasian, dan peningkatan produktivitas pegawai. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hasan, I. (2002). Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasibuan, M. S. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ibrahim, B. (2000). TQM (Total Quality Manajemen): Panduan Menghadapi Persaingan Global. Jakarta: Djambatan.

Ismanto, K. (2011). Pengelolaan Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Total Quality Manajemen (TQM). RELIGIA Vol 14, No. 1, 93-110.

Juliati, Ati. (2012). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Cabang Cirebon.

Kamsil, C. (2002). Pokok-Pokok Pengetahuan Dagang Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Maghfiroh, F. N. (2015). "Pengaruh Total Quality Manajemen (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan di BMT Taruna Sejahtera Ungaran" Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Mahsun, M. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Mangkunegara, P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Maziah, (2016). Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pasa PT. BNI Syariah Makassar. UIN Alauiddin Makassar.

Michael, A. (2009). Handbook of Human Resource Management and Practice . London: Kogan Page.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Muhamad. (2015). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhidin, S. A., & Abdurrahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Perjalanan. Bandung: Pustaka Setia.

Nasehuddien, S. T. (2008). Dalam Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar (hal. 73). Cirebon: STAIN Cirebon.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen). Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Nugroho, B. A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Rio, S. (2008). Analisis pengaruh total quality manajemen, sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Robbins, S. (2006). Perilaku Organisasi PT. Indeks. Jakarta: Gramedia.

Sangaji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Saputra, G. P. (2014). "Pengaruh TQM Terhadap Karyawan Bagian Operasional PT. Bank Cabang Surabaya" Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Sengkey, G. G. (2013). "Pengaruh Penerapan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bank Sulut Cabang Amurang" Universitas Sam Ratulangi Manado. EMBA Vol.1 No.4, 1509-1519.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R& D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Dalam Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryoadi, Y. (2012). Pengaruh pelatihan dan kepuasan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang.

Taufik, A. M. (2004). Praktik Manajemen Berbasis Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Yuwono, R., & Retnani, E. D. (2017). Pengaruh penerapan total quality manajemen dan sistem penghargaan terhadap peningkatakan produktivitas. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/amwal.v10i2.3595

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats