STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI

Aip Saripudin(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang pertama dan utama untuk membentuk karakter anak lebih baik di masa yang akan datang. Diakui atau tidak, saat ini kualitas pendidikan indonesia masih rendah, padahal kualitas pendidikan sangat menentukan kualitas pembentukan sumber daya manusia yang potensial. Dalam konteks pembelajaran di PAUD, masih ditemukan pembelajaran yang konvensional dan terpusat pada guru (teacher centre). Guru lebih aktif daripada anak, sehingga anak-anak tidak diberikan kesempatan untuk menumakan gagasan, konsep serta buah fikiran dengan sendirinya. Selain itu, pengenalan lingkungan baik di dalam kelas maupun diluar kelas belum diberikan secara maksimal, kalaupun ada sangat terbatas dengan metode yang sama. Masih ditemukannya Guru yang belum dapat memanfaatkan lingkungan sekitar, baik hewan, tumbuhan serta kejadian-kejadian alam yang ada di lingkungan sekitar sekolah untuk dijadikan sebagai bagian dari pembelajaran anak. Hal ini tentunya berakibat pada lemahnya anak dalam berpendapat, menemukan ide, berfikir kreatif, menemukan sesuatu, serta anak belum menunjukan bakat kecerdasan alamnya dengan baik. Untuk itu maka guru dapat mengembangkan keahliannya melalui berbagai upaya cerdas yang dapat mengembangkan kemampuan anak lebih berkembang melalui berbagai strategi dan pendekatan pembelajaran yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Armstrong, Thomas (2009). Multiple Intelligences in The Classroom. Virginia: ASCD Member Book.

Bowles. T, Self –rated Estimated of Multiple Intelligences Based on Aproaches to Learning (Australian Journal of Educational & Developmental Psychology), Vol. 8.

Crain, William. (2007). Terjemahan Yudi Santoso. Teori Perkembangan, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gasem, Ahmed Alseed Ahmed. (2012). The Relation between Multiple Intellegences Theory and Methode of ELT (International Journal Learning and Teaching: Academic World Education and Research Centre.

Gadner, Howard. (2013). multiple Intelligences (Memaksimallkan Potensi & Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa) Terjemahan Yelvi Andri Zaimur. Jakarta: Darras Books.

Gandasetiawan, Ratih Zimmer. (2009). Mengoptimalkan IQ dan EQ Anak Melalui Metode Sensomotorik. Jakarta: Libri.

Jamaris, Martini. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Morgan, Jane Arnold and M Carmen Fonseca. (2004). Multiple Intelligence Theory and Foreign Language Learning: A Brain-based Perspective. University Of Murcia, International Journal of English Studies IJES.

Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Modul I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhammad, Asadi. (2010). Deteksi Bakat dan Minat Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Gara ilmu.

Nggermanto, Agus. (2001). Quantum Quetient (Kecerdasan Quantum, Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ dan SQ yang Harmonis). Bandung: Nuansa.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan (Teori dan Praktek Edisi Kedelapan. (Terjemahan). Jakarta: Indeks.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Santoso, Soegeng. (2011). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya. Jakarta: Citra Pendidikan.

Santoso, Soegeng. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Suryadi, Ace. (2007). Mewujudkan Masyarakat Pembelajar (Konsep, Kebijakan dan Implementasi). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional.

Santrock, John W. (2002). Perkembangan Anak (Terjemahan Edisi Kesebelas Jilid I). Jakarta: Erlangga.

Sonawat, Reeta & Purvi Gogri. (2008). Multiple Intillegence for Presschool Children. Mumbai: Multi-Tech Publishing co, fist edition.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wayan, I A.S (2010). Konsep dan Pedoman Pengembangan Kurikulum dan Program (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal. Jakarta: Azzahra Books 8.

Yaumi, Muhammad. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, edisi pertama.




DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1394

Article Metrics

Abstract view : 2101 times
PDF - 1795 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here