PERSEPSI MASYARAKAT ACEH UTARA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Elfiadi Elfiadi(1*),


(1) JURUSAN PIAUD FTIK IAIN LHOKSEUMAWE
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat Aceh Utara terhadap pendidikan anak usia dini (PAUD). Hasil penelitian diperoleh bahwa masyarakat Aceh Utara mempunyai persepsi bahwa: (1) (PAUD) sebagai jenjang pendidikan bagi anak sebelum memasuki pendidikan dasar (SD/MI) yang bertujuan mempersiapkan anak menghadapi pendidikan selanjutnya, namun masyarakat belum memahami batasan-batasan usia serta jenis penyelenggaraan PAUD formal dan formal (2) PAUD bagi Masyarakat Aceh Utara merupakan jenjang pendidikan yang sangat penting bagi anak karena masa usia dini masa yang paling tepat bagi anak untuk tumbuh dan berkembang serta untuk pengenalan ilmu agama dan pembentukan akhlak, (3) Masyarakat beranggapan bahwa PAUD berbeda dengan TK/RA, PAUD hanya sebagai tempat penitipan atau tempat bermain sedangkan di TK/RA yang merupakan tempat belajar bagi anak

Keywords


Community Perception, Early Childhood Education

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dirjen PAUDNI. 2011. Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2025. Jakarta: Dirjen PAUDNI Kemendikbud.

Hartati, Sofia. How to Be a Good Teacher and How to be a Good Mother. Jakarta: Enno Media.

Hariwijaya dan Bertiani Eka Sukaca. 2012. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morrison, Goerge.2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Miles dan Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

UU sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 Pasal 28 ayat 1 sampai ayat 3

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan PAUD, pasal 61

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 58 tahun 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 146 tahun 2013. Kurikulum PAUD 2013.

Rahmat, Jalaluddin. 2010. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Santoso, Soegeng. 2004. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY.

Suharman. 2005. Psikologi Kognitif. Jakarta: Aneka Karyacipta.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Referensi.




DOI: 10.24235/awlady.v5i1.3738

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here