HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 GREGED KABUPATEN CIREBON

Yogi Gunawan(1*), Nuryana Nuryana(2),


(1) IAIN SNJ
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Efikasi diri dan kreativitas sangat penting dimiliki oleh setiap siswa dalam proses pembelajaran. Ketika siswa memiliki efikasi diri yang rendah maka siswa akan kesulitan dalam proses pembelajaran. Kesulitan tersebut meliputi kurang percaya diri ketika presentasi di depan kelas, mudah putus asa ketika menemukan tugas-tugas yang sulit, serta perilaku mencontek ketika ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efikasi diri yang dimiliki siswa, kreativitas siswa, dan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui apakah ada hubungan efikasi diri dan kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Greged. Prestasi belajar siswa merupakan suatu tolak ukur penilaian dalam proses pembelajaran.Untuk mendapatkan kesuksesan dalam pembelajaran berupa prestasi belajar yang ideal. Siswa harus memiliki efikasi diri yang tinggi. Jenis penelitia n adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Sebanyak 127.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket.Teknik analisis data menggunakan uji presentase, uji Normalitas, uji Homogenitas,uji korelasi sederhana dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian adalah hasil analisis angket efikasi diri berdasarkan angket positif sebesar 85,95% (baik) dan berdasarkan angket negatif efikasi diri sebesar 23,99% (tidak baik). Sedangkan Kreativitas siswa berdasarkan angket positif sebesar 83,16% (baik) dan berdasarkan angket negatif kreativitas siswa sebesar 25% (tidak baik). Hasil analisis korelasi diperoleh r1y = 0,378. Hal ini menunjukan ada hubungan yang rendah dan positif antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan nilai r2y = 0,229, hal ini menunjukan ada hubungan yang rendah dan positif antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa. Besarnya koefisien korelasi berganda diperoleh angka R sebesar 0,453, dan hasil uji koefisien regresi secara bersama-sama diperoleh Fhitung > Ftabel (3,752 > 3,328). Hal ini menunjukan ada hubungan yang cukup kuat dan positif antara Efikasi Diri dan Kreativitas Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa.

 

Kata Kunci: Efikasi Diri, Kreativitas, Prestasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, Gema. 2013. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dengan Tingkat Stres Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Alwisol. 2008. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Cervone, Daniel & Lawrence A. Pervin. 2012. Kepribadian: Teori dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Friedman, Howard & Miriam Schustack. 2006. Kepribadian: Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur, Ghufron & Risnawati Rini.2017. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Priyatno, Duwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Somantri, Ating & Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sri Habsari. 2005. Bimbingan dan Konseling SMA untuk kelas XI. Jakarta: Grasindo.

Sudaryono. 2012. Dasa-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, Syamsu & Juntika Nurihsan. 2011. Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: 10.24235/edueksos.v8i1.4847

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon