PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI (SMARTPHONE) TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DI JURUSAN TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Khavid Khalvani(1*), Yeti Nurizzati(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Seiring arus globalisasi tuntutan kebutuhan informasi yang cepat membuat peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Dalam hal tersebut, perkembangan teknologismartphone bisa mempengaruhi cara berinteraksi sosial dari para individu yang menggunakannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media komunikasi smartphonepada mahasiswa, mengetahui interaksi sosial mahasiswa dengan menggunakan media komunikasi smartphonepada mahasiswa dan mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media komunikasi smartphoneterhadap interaksi sosial mahasiswa di jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial tahun akademik 2018/2019 semester 2.Media komunikasi smartphonemerupakan media pengembangan dari komunikasi di dalamnya banyak aplikasi kegunaannya sama dengan komputer.Sekarang media komunikasi smartphone banyak dijadikan sebagai media interaksi sosial karena efesien dan mengikuti perkembangan zaman.Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode regresi, sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian berjumlah 148 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan metode sistematis dari nomer urut ganjil.Peneliti memilih mahasiswa semester 2 dengan total siswa sebanyak 74 orang. Analisis data tersebut penulis menggunakan rumus uji t.Pada hasil penelitian ini disimpulkan berdasarkan rekapitulasi angket penggunaan media komunikasi smartphone bernilai 67,83%dan interaksi sosial mahasiswa bernilai67,04% keduanya dengan kategori Cukup Baik.Hasil uji korelasi antara variabel X dan Y adalah sebesar 0,699 dengan taraf sig.=0,05 diperoleh signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 terdapat hubungan yang positif(kuat) antara variabel X dan Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media komunikasi smartphone dengan interaksi sosial mahasiswa di jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

 

Kata Kunci: Media Komunikasi, Smartphone,Interaksi Sosial


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifianto, S dan Christiany Juditha.2017. Komunikasi di Era Teknologi Digital. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Basri, Hasan. 2017. Peran Media Sosial Twitter Dalam Interaksi Sosial Pelajar Sekolah Menengah Pertama Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pelajar SMPN 1 kota Pekanbaru). Jurnal Penelitian. 4, hal.1-3.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

G, Sharen. 2015. Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi .Media Publikasi. 14. 2. Bandung: Universitas Telkom.

Holmes, David. 2012. Teori Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurnia, Iis. 2015. Intensitas Penggunaan smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Universitas Telkom.

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, Yunia Indah. 2016. Penggunaan Media Komunikasi Dalam Interaksi Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Malang (Studi Kasus Penggunaan Smartphone Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial). Malang: Universitas Negeri Malang.

Littlejohn, Stephen W. 2018. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Sarwono, Jonathan. 2015. Rumus-rumus Populer dalam SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: ANDI.

Setyani, Novia Ika. 2013. Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Twitter, Facebook, dan Blog Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Akademi Berbagi Surakarta.Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanto, M.2005. Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Triansyah, Tesar. 2018. Sejarah Smartphone. Tangerang: STMIK Raharja.




DOI: 10.24235/edueksos.v8i1.4849

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon