EFEKTIVITAS PENDEKATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBASIS KARAKTER KEMANDIRIAN PADA KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

sumliyah sumliyah(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Gerak langkah pendidikan tidak akan terpisahkan dari arus perkembangan sains dan teknologi, tuntutan kuantitas dan kualitas produk pendidikan, teori pendidikan dan kenyataan di lapangan. Nilai-nilai moral sebagai landasan yang  harus ada dan tertanamkan dalam pembelajaran matematika. Penulisan makalahinibertujuan mengimplementasikan pembelajaran dengan pendekatan Value Clarification Tehnique (VCT) berbasis karakter kemandirian pada keterampilan pemecahan masalah, materi program linear kelas X SMK Kartika Kota Cirebon semester 2 Tahun Pelajaran 2015/ 2016 berjumlah 23 siswa yang efektif dengan metode penelitian eksperimen.Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sample di mana penelitian ini mengambil sampel 5 orang dari satu kelas yang dijadikan penelitian dengan pertimbangan kemampuan yang beragam, yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang dan kurang baik. Siswa pada kelas tersebut memperoleh pembelajaran dengan pendekatan value clarification technique berbasis karakter. Data Keterampilan Pemecahan Masalah (KPM) diolah dengan uji t, uji pengaruh dengan uji regresi dan uji peningkatan diolah dengan uji gain  Hasil penelitian ini sebagai berikut:Pembelajaran matematika dinyatakan efektif, yaitu: 1) KPM mencapai ketuntasan individual dengan nilai rataan 83,00, KPM mencapai ketuntasan klasikal dengan  ketuntasan mencapai 85%; 2) adanya pengaruh positif karakter kemandirian sebesar 0,883; dan 3) Adanya peningkatan proses pembentukan keterampilan pemecahan masalah.

 

Kata Kunci : Pendekatan Value Clarification Technique (VCT), Keterampilan Pemecahan Masalah, karakter kemandirian.


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter (konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif).Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, I.K., Setyono, H.A., dan Amri, S. 2011. Pembelajaran Akselerasi (Analisis Teori dan Praktik serta Pengaruhnya terhadap Mekanisme Pembelajaran dalam Kelas Akselerasi. Jakarta: Prestasi Pustaka PublisherKumar

Singh, Y. (2006). Fundamental of Research Methodology and Statistics. New Delhi: New Age International (P) Ltd.

Plomp, Tjeerd. 2007. “An Introduction to Educational Design Research”. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26.

Sudjana. 2005A. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, dkk. 2001. Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.

Sukestiyarno. 2012. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Sumahamijaya, S. dkk. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan (Suatu Upaya bagi Keberhasilan Program Pendidikan Berbasis Luas/ Broad Based Education dan Life Skills. Bandung: Angkasa Bandung.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Putaka Publisher.

Wilson, P.1993. Research Ideas for The Classroom High School Mathematics (Mathematical Symbols and Representations). Macmillan Publishing Company.




DOI: 10.24235/eduma.v6i1.1560

Article Metrics

Abstract view : 400 times
PDF - 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats