PERBANDINGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VII SMP SATU ATAP NEGERI TALUN KABUPATEN CIREBON

ineu andriani(1), indah nursuprianah(2*), mumun munawaroh(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepercayaan diri merupakan suatu hal terpenting bagi siswa khususnya dalam belajar matematika. Apabila individu tersebut memiliki kepercayaan diri yang rendah maka akan mempengaruhi hasil belajarnya. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang di anggap sulit bagi siswa di sekolah, hal inilah yang menjadi ketakutan siswa sehingga kepercayaan diri menjadi rendah ketika belajar matematika. Oleh sebab itu,  guru  dapat  menggunakan metode  active  learning  yang  membuat  pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan tidak hanya berpusat pada guru saja melainkan berpusat juga pada siswa, sehingga dapat menumbuhkan dan mengembangkan kepercayaan diri siswa. Metode active learning diantaranya metode Jigsaw dan metode inkuiri  terbimbing.  Dari  kedua  metode  tersebut  peneliti  akan  membandingkan dan menganalisis metode manakah yang baik bagi kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Setelah itu, hasilnya terdapat perbedaan dari kedua metode tersebut.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain “One Shot Case Study”. Dari hasil analisis diperoleh sebesar 62% kepercayaan diri siswa yang menggunakan metode Jigsaw sedangkan metode inkuiri terbimbing sebesar 65%. Dari kedua metode tersebut diperoleh bahwa kepercayaan diri siswa berada pada kategori sama yaitu kategori tinggi. Untuk uji t diperoleh bahwa sig.2 (tailed) 0,026 < 0,05 sehingga H0 ditolak dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika antara yang menggunakan metode Jigsaw dengan metode inkuiri terbimbing.

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Metode Jigsaw, dan Metode Inkuiri Terbimbing


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Rani Yulia. 2010.

Penerapan penilaian afektif sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran matematika

(Penelitian Tindakan kelas di

Kelas VIII-A SMP Negeri 17

Kota Cirebon). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Crebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Bonita Larasati, Diandra. 2012.

Hubungan Antara Attachment Ibu-Anak Dengan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Sekolah Penderita Asma Di Purwokerto. Skripsi. Tidak

Diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Daryanto. 2014. Pendekatan

Pembelajaran Saintifik

Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Hamdan. 2009. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMUN 1 Setu Bekasi.

Jurnal Psikologi Vol. II No. 3. Bekasi: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

Hamdani. 2011. Strategi Belajar

Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hapsari, Julia Mahrita. 2011. Upaya Meningkatkan Self- ConfidenceSiswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing.Jurnal Prosiding ISBN : 978 – 979 – 16353 – 6 –

Yogyakarta: UNY

Idrus, Muhammad dan Anas Rohmiati. 2008: Hubungan Kepercayaan Diri Remaja Dengan Pola Asuh Orang Tua Etnis Jawa. Jurnal Psikologi

Vol II No. 3 Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Isjoni. 2009. Pembelajaran

Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kuhlthau, dkk. 2007. Guided Inquiry. USA: British Library Cataloguing

Martyanti, Adhetia. 2013.

Membangun Self-Cofidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving.

Jurnal Prosiding ISBN : 978 –

– 16353 – 9 – 4. Yogyakarta: UNY

Mastuti, Indari. 2008. 50 Kiat

Percaya Diri. Jakarta: Hi-Fest

Publishing

Rohaeti, Euis Eti. 2013. Budaya Meneliti Di Kalangan Para Guru Matematika Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal

SMU. Jurnal Psikologika Vol. XV No. 1

Setiawan, Pirman. 2013

Perbandingan Tingkat Percaya Diri Dalam Pembelajaran Matematika Antara Siswa Yang Mengikuti

Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Dengan Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Di Dalam Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri Cigugur Kabupaten Cirebon. Skripsi.

Tidak Diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati

Sinthia, Rita. 2011. Hubungan Antara Penerimaan Sosial Kelompok Kelas Dengan

Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas I SLTP XXX Jakarta. Jurnal Kependidikan Triadik. Vol XIV No.1. Jakarta: Dosen Prodi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Bengkulu

Siyam, Nurlailiyatus. 2014.

Hubungan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Tunarungu Kelas V. Jurnal Pendidikan Khusus Vol VI No.

Surabaya: Universitas

Negeri Surabaya

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2010.

Penelitian dan Penilaian

Pendidikan. Bandung: Sinar

Baru Algensindo

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Prosiding Vol 1ISSN 977- . 2013. Metode Penelitian

Bandung: STKIP Siliwangi.

Selytania, Lilis dan Sukarti. 2010.

Hubungan Antara

Kepercayaan Diri Dengan

Kecemasan Menghadapi Ujian

Nasional Pada Siswa Kelas III

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R

& D). Bandung: Alfabeta

Suherman. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi

Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Wiharani, Benty. 2013. Keefektifan Teknik Diskusi Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Jurnal

Counselium Vol. I No. 2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Wulandari, Natalia. 2013.

Meningkatkan Percaya Diri

Siswa Melalui Penggunaan

Strategi Inkuiri Terbimbing

Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V SDN Gupakan II, Tepus, Gunungkidul.Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Yulianto, Fitri dan H. Fuad Nashori.

Kepercayaan Diri Dan Prestasi Atlet Tae Kwon Do Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi Vol. III No. 1. Semarang: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Diponegoro


Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF - 416 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ineu andriani, indah nursuprianah, mumun munawaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.