ISLAM AGAMA PENGUASA DUNIA

yayat suryatna(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


                                                             Abstrak

Agama Islam, seperti Agama Kristen, adalah agama dunia dengan misi universal. Tetapi, ia berbeda dengan Agama Kristen karena kesatuan dan totalitas pandangan Islampada realitas. Tuhan adalah esa (Tauhid), semua ciptaan-Nya mempunyai kesatuan yang melatari dan tunduk pada perintah-Nya. Tuhan adalah penguasa yang berdaulat, dan manusia sebagai khalifah-Nya, harus melaksanakan perintah-Nya di bumi. Karena itu, agama tidak terpisah, malahan utuh bagi setiap aspek kehidupan: shalat, puasa, politik, hukum dan masyarakat. Keyakinan ini tercermin tidak hanya dalam doktrin tauhid, tapi juga, sangat konkrit baik dalam masyarakat maupun dalam hukum (syari’at) Kepemimpinan sosial dan agama dilaksanakan Nabi Muhammad sebagai rasul Allah di muka Bumi.

Keyakinan akan alam semesta yang Ilahiyyah dan misi komunitas telah dikukuhkan dan dikuatkan oleh keberhasilan dan kekuasaannya di sepanjang jalan sejarah Islam. Hanya dalam sekejap, dunia Islam telah membentang dari Arab, ke belahan barat di Afrika Utara dan Spanyol, dan ke belahan timur sampai di  Indonesia. Di samping membangun lembaga-lembaga politik, sosial dan hukum, Islam juga melahirkan suatu peradaban yang amat tinggi. Filsafat, matematika, geometri, optic, ilmu alam dan ilmu sastera adalah sumbangan para sarjana muslim. Sementara Agama Kristen (Barat), tengah sibuk sedang menempuh abad-abadnya yang gulita, peradaban Islam semarak dan sedang mencapai puncaknya: dunia muslim telah menjadi ajang pusat-pusat utama ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Maju tidaknya suatu bangsa ditentukan oleh beberapa hal, di antaranya peran pemimpin, budaya kerja dan etos kerja, pendidikan dan pengembangan iptek dan industri.

Berdasarkan analisis Bambang tersebut, maka setidaknya lima aspek tadi harus menjadi fokus utama garapan umat Islam, yakni memiliki pemimpin yang berintegritas tinggi (siddiq), beraccountabilatas tak diragukan (amanah), berkapabilitas tinggi (fathanah) dan komunikatif (tabligh). Kemudian membangun budaya dan etos kerja yang tinggi, memajukan pendidikan, menguasai Ilmu Pengetahuan dan teknologi serta menguasai industry

Keywords


Kata Kunci: Islam, Peradaban Tinggi, Agama Dunia

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Samir Abdul Halim et all.Ensiklopedia Sains Islami,Jilid 7,Tangerang,Kamil Pustaka,Cet.1,2015.

Mohammad Arif Budiman, Revitalisasi Kekuatan Ekonomi Umat, Kompasiana, http://www.kompasiana.com/moch_arif_budiman/revitalisasi-kekuatan-ekonomi-umat_552ac2056ea834ae4d552d0f

Albert Hourani, A History of The Arab Peoples yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Irfan Abu Bakar menjadi “Sejarah Bangsa-Bangsa Muslim”, Bandung, Mizaan, 2004.

Michael H. Hart, Seratus Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah, (Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1989.

John L.Esposito (ed.), Voices of Resurgent Islam, yang diterjemahkan oleh Bakri Siregar ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Dinamika Kebangunan Islam, Jakarta : Rajawali, 1987.

Al-Amier Syakib Arsalan,dalam bukunya Limadza Taakhkhorol Muslimuuna Walimadza Taqoddama Ghoiruhum, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi” Mengapa Kaum Muslimin Mundur dan Mengapa Kaum Selain Mereka Maju, Jakarta, Bulan Bintang, 1967.

M. DawamRahardjo,Kritik Nalar Islamisme dan Kebangkitan Islam, Jakarta, Freedom Institute, 2012

Nurcholish Madjid, Kaki Langit Peradaban Islam,Jakarta Paramadina, 1997

Maxime Rodinson, Islam dan Kapitalisme, ter. Asep Hikmat, Bandung, Iqra, 1982 .

Said Zainal Abidin, “Globalisasi dan Pembangunan Ekonomi Rakyat,” dalam Pembangunan Ekonomi Nasional, ed. Dawam Raharjo, Jakarta: Kadermasa, 1997.

Bambang Triatmojo, Menuju Kejayaan Umat Islam,Yogyakarta, Beta Offset,2015.




DOI: 10.24235/empower.v4i2.5439

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

Index List:

     

       

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.