PENGARUH MEDIA GAMBAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI AN-NUR PEKALIPAN KOTA CIREBON

Latifah Latifah(1*), Isnaini Isnaini(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK 

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berupa peningkatan hasil belajar melalui proses pembelajaran ditingkat sekolah dipengaruhi oleh kurikulum, buku pelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sistem evaluasi. Dari beberapa faktor tersebut salah satu yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan penulis setelah data terkumpul yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis berupa uji linieritas, koefisien, determinan, dan regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,716, dengan rincian rata-rata nilai pretest 48,22 dan rata-rata nilai posttest 85,8. 2) Respon siswa terhadap Media Gambar visual pada pembelajaran Bahasa Inggris secara umum sangat positif atau baik, karena berdasarkan rekapitulasi angket terdapat 7 item angket positif dan 3 item angket negatif, dari prosentase angket positif didapat rata-rata 87,5%, artinya skor tersebut tergolong pada kategori sangat kuat yang berada diantara 81% - 100%. Sedangkan prosentase angket negatif didapat rata-rata 86,1%, jadi skor tersebut tergolong pada kategori sangat kuat yang berada diantara 81% - 100%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa merespon sangat baik terhadap penerapan Media Gambar visual. 3) Dari hasil uji koefisien determinan diperoleh nilai sebesar 58,5% (menunjukkan besarnya pengaruh) dan uji regresi diperoleh hasil thitung (6,279) lebih besar dari ttabel (1,734) serta signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Haditerima, artinya bahwa ada pengaruh Media gambar visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas IV MIAn-Nur Kota Cirebon.

Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar Siswa, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Asnawir dan M. Basyirudin Usman. 2002. Media Pembalajaran. Jakarta : Ciputat Pers.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar 1989. Media Pendidikan. Bandung :PT Citra Aditya Karya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Raharja, Hendri. 2009. Suplemen Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer, Cirebon : Pangger.

Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

S. Sadiman, Arif, dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Syaodih, Nana. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zahrotul, Zannah, 2014:40 ((http://www.physics.iastate.edu/per/docs/Addedum on normalized gain.pdf (diakses tanggal 1 april 2013) dalam skipsi).




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.179

Article Metrics

Abstract view : 630 times
PDF - 2295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com