Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Ahmad Arifuddin(1*), Dwi Anita Alfiani(2), Sri Hidayati(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


                                                   Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya pada materi pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian materi pecahan yang masih rendah yakni di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan di Kelas IV MI Hidayatus Shibyan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara itu data hasil penelitian dianalis menggunakan uji analisis data observasi, uji N-gain, dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran sebesar 83% dengan kategori baik dan hasil obsevasi aktivitas siswa sebesar 60% dengan kategori cukup. Sementara itu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Dan berdasarkan hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung sebesar 4.168 lebih besar dari t tabel yakni 1.734, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV MI Hidayatus Shibyan.

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, pemecahan masalah, matematika

 

                                                      Abstract

This research is based on the low ability of students in solving mathematical problems, especially in fractional material. This can be seen from the results of the daily review of the fractional material which is still low, which is under the Minimum Completeness Criteria (KKM). This research aims to determine whether there was an influence of the inquiry learning model on students' mathematical problem-solving ability in fraction material in Class IV MI Hidayatus Shibyan. This research is a quantitative research with an experimental method. Data collection techniques used are observation, test, and documentation techniques. Meanwhile the research data is analyzed using the analysis of observation data, N-gain test, and regression test. The results of this research indicate that based on observations of teacher activities in the learning process by 83% with good categories and the results of student activity observation by 60% with sufficient categories. Meanwhile, students' mathematical problem solving abilities have increased by 0.78 in the high category. And based on the results of the regression test shows that the significance value is 0.001 less than 0.05 and t count is 4.168 greater than t table is 1.734, then Ho is rejected. This means that there is a significant influence between the use of inquiry learning models on students' mathematical problem solving skills in fraction material in class IV MI Hidayatus Shibyan.

Keywords: inquiry learning model, problem solving, mathematics


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifuddin, A. (2017). Efektivitas Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(2), 217-226.

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demontrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165-178.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RIneka Cipta.

Arista, P. R., & dkk. (t.thn.).

Asnidar, Khabibah, S., & Sulaiman, R. (2018). The Effectiveness of Guided Inquiri Learning for Comparison Topics. Jurnal of Physics: Conference Series, 1-6.

Bayram, Z., Oskay, O. O., Erdem, E., Ozgur, D. S., & Sen, S. (2013). Effect of Inquiry Based Learning Method on Students' Motivation. 4th International Conference on New Horizons in Education (hal. 988-996). Ankara: Procedia Sosial and Behavioral Sciences.

Fatmaryanti, S. D., Sarwanto, & Ashadi. (2015). Implementation of Guided Inquiry in Physics Learning at Purworejo's Senior High School. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 12-15.

Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan strategi The Firing pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS Negeri 1 Batiputih. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 18-22.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kadima, Mustami, & Ismaimuza, D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN Balayon Kecamatan Liang. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(2), 205-210.

Lazonder, A. W., & Harmsen, R. (2016). Meta-Analysis of Inquiry Based Learning: Effect of Guidance. Review of Educational Research, 20(10), 1-38.

Nazaruddin. (2011). Keefektifan Model Inkuiri dengan Pemanfaatan Alat Peraga Dibandingkan dengan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Matemaika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-12.

Noor, A. J., & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 250-259.

Olibie, E. I., & Ezeoba, K. O. (2014). Ability and Location Differences in the Effect of GuidedInquiry on Negerian Students' Achievement in Social Studies Curriculum. International Journal of Educational Science, 3(4), 335-344.

Prahani, B. K., Limatahu, I., w., S. w., Yuanita, L., & Nur, M. (2016). Effectiveness of Physic Learning Material Trough Guided Inquiry Model to Improve Students Problem Solving Skill Based on Multiplle Representation. International Journal of Education and Research, 4(12), 231-242.

Remme, B. V. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Katolik Disamakan Makale. Jurnal KIP, 3(2), 583-587.

Simatupang, S., & Tiarmaida. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 34-41.

Sitindaon, S. F., Bukit, N., & Turnip, B. M. (2017). The Effect of Guided Inquiry Learning Using PhET Media on Students' Problem Solving Skill and Critical Thinking. Jurnal of Education and Practice, 8(21), 129-134.

Sitorus, H. H., Hasruddin, & Edi, S. (2017). The Influence of Inquiry Learning Model on Student's Scientific Attitudes in Ecosystem Topik at MTs Darul Hikmah Sei Ali, (Islamic Junior High School) Asahan. Internaional Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(11), 170-175.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafwan. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Poso Pesisir. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(4), 227-238.

Udin, T., & Hikmah, N. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Legok 1 Kabupaten Indramayu. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 1-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3374

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

      

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats