The Effect of Crossword Puzzle Application on The Students’ Learning Motivation in Science Learning

Tati Nurhayati(1*), Dwi Anita Alfiani(2), Dewi Setiani(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


                                                    Abstract

Crossword puzzle strategy is one strategy of active learning that involves all students to actively think by filling out crossword puzzles prepared by the teacher. So those students are expected to be more enthusiastic in participating in learning. This study aims to examine the effect of applying the crossword puzzle strategy on students' learning motivation in science learning. The research method used is a quantitative method, with the design of one shoot case study. The population in this study were all students of class amounting to 21 students, and using saturated sampling in determining the sample. Data collection techniques used are structured observation, questionnaires, and documentation. Furthermore, the results of the research data were tested using regression tests. The results showed that the significance value of the regression test was 0,000. Because significant value is smaller than 0.05 and t count (4.316) is greater than t table (1.72913), it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. This means that the implementation of crossword puzzle strategy has a significant effect on students' learning motivation in science learning.

Keywords: crossword puzzle, students’ learning motivation, science learning.

 

Abstrak

Strategi crossword puzzle adalah salah satu strategi pembelajaran aktif yang melibatkan semua peserta didik untuk aktif berfikir dengan mengisi teka teki silang yang telah disiapkan oleh guru. Sehingga diharapkan peserta didik menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang pengaruh penerapan strategi crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan desain one-shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa, dan menggunakan sampling jenuh dalam menentukan sampelnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil penelitian diuji menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada uji regresi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (4.316) lebih besar dari t tabel (1.72913), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa penerapan strategi crossword puzzle berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Kata kunci : crossword puzzle, motivasi belajar siswa, pembelajaran IPA.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. D., Sujadi, A., & Widodo, S. A. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Dilengkapi Crossword Puzzle Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 3 Sawangan Magelang. UNION, 2(1), 1-8.

Aritonang, K. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.

Febtrina, R., Suparman, U., & Supriyadi, D. (2014). The Use of Crossword Puzzle on Students’ Interaction in Learning Vocabulary. U-JET, 3(6), 1-15.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.

Hernawati, I. P. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Gratis SD Negeri Pakisjajar 02 Kabupaten Malang. PSIKOVIDYA, 18(2), 132-151.

Iskandar, R., & Rachmawati, D. R. (2016). Tanggapan Siswa terhadap Strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelaran IPS Konsep Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Penelitian Dasar, 7(1), 139-149.

Khisbiyah, I. (2015). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA (Studi Penelitian MI AN-NUR Kota Cirebon). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 1-15.

Masita, A. (2014). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Induktif Siswa Kelas IV SDN 6 Watuoge. Jurnal Kreatif Tadulako, 5(5), 1-15.

Mursilah. (2017). Penerapan Metode Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda. UNILTY, 1(1), 37-47.

Radili, L. (2013). Pengaruh Penggunaan Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. E-Tech, 1(1), 1-12.

Rahmah, L. A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Kompetensi Dasar Konsep dan Pengelolaan Koperasi Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Junal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1-10.

Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Team Games Tournaments Berbantuan Media Teka Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi siswa pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012 . Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 1-8.

Retnasari, R., Maulana, & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas IV pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1-10.

Riduwan, & Sunarto. (2009). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana Prenada Kencana.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Revika Aditama.

Susilo, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP . Journal of Primary Educational, 1(1), 57-63.

Syahruddin, Fachruddin, & Mardianto. (2017). Pengaruh Strategi Everyone Is ATeacher Here (ETH), Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Crossword Puzzle (CWP) Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs. Darul Falah Aek Songsongan . ITTIHAD, 1(2), 131-154.

Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2013/2014. J. Pijar MIPA, X(1), 69-75.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.4186

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

      

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats