Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Gemar Membaca Siswa Kelas IV.1 di MI An-Nur Kota Cirebon

heru mudiyanto(1*), Faishal Mauludhin(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang selalu membicarakan media sosial di sekolah, tidak suka membaca, dan belajar tidak fokus akibat dari penggunaan gadget. Penelitian yang dilakukan peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan gadget terhadap gemar membaca siswa kelas IV.1 di MI An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, penyebaran angket dan studi dokumentasi.Populasi sebanyak 38 siswa dan sampel yang digunkan yaitu sampling jenuh. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji validitas, normalitas, linearitas, determinasi, regresi dan hipotesis. Dari hasil penelitian rekapitulasi angeket siswa bahwa proses penggunaan gadget adalah 70% dengan kriteria kuat (baik). Hasil rekapitulasi observasi gemar membaca adalah 73% dengan kriteria kuat (baik). Berdasarkan hasil uji regresi nilai signifikansi sebesar 0,004. Karena menurut hipotesis nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap gemar membaca siswa kelas IV.1. Adapun pengaruhnya yakni sebesar 21,1%, yang artinya pengaruh tersebut lemah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lemah dalam penggunaan gadget terhadap gemar membaca siswa kelas IV.1 di MI An-Nur Kota Cirebon.

 

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Gemar Membaca

 

Abstract

This research is motivated by students who always talk about social media in school, do not like to read, and learn not to focus due to the use of gadgets. The research conducted by this researcher aims to describe the effect of using gadgets on reading class IV.1 students in MI An-Nur, Cirebon City. This study uses a quantitative approach with ex post facto research methods. Data collection is done through observation techniques, questionnaires and documentation studies. The population of 38 students and the sample used is sampling saturated. The analysis of the data used is the test of validity, normality, linearity, determination, regression and hypothesis. From the results of the research recapitulation of student angels that the process of using gadgets is 70% with strong (good) criteria. The results of recapitulation of reading fondness are 73% with strong (good) criteria. Based on the results of the regression test a significance value of 0.004. Because according to the hypothesis the significance value is smaller than 0.05, Ho is rejected, meaning that there is an influence on the use of gadgets for reading class IV.1. The effect is 21.1%, which means that the influence is weak. So it can be concluded that there is a weak influence in the use of gadgets to love reading class IV.1 students in MI An-Nur, Cirebon City.



Keywords: Use of Gadgets, Love to Read

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Chusna,P.A.2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. Vol. 17, nomor 2.

Fajar Rachmawati, 2008. Dunia di Balik Kata (Pintar Membaca). Yogyakarta: Gitra Aji Parama.

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Askara.

Idah Faridah Laily, Mumtaz Naqiyyah. KONTRIBUSI PENEREPAN PENDIDIKAN KARAKTER (GEMAR /MEMBACA) TEHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI DARUL HIKAM CIREBON. Al – Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2014.

Irawan,J. (2013). Pengaruh Kegunaan Gadget terhadap Kemampuan Bersosialisasi pada Remaja. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Riau. Diakses tanggal 4 Januari 2017. Jurnal.uir.ac.id/index.php/JAN/article/download/422/359.

Kurniawan, Asep. 2017. MetodologiPenelitianPendidikan. Cirebon: Eduvision.

Manumpil. M.Dkk. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA NEGERI 9 Manado. Ejoural Keperawatan, (Online), Vol.3, No. 2, dalam http://Ejournal .unsrat.ac.id diakses 20 Januari 2017.

Nikmah, Astin. (2010). Dampak Penggunaan Handphone terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 4

Nugroho & Puspitasari.2016. Implementasi Gemar Membaca melalui Program Pojok Baca dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos. Vol. 5, nomor 2.

Nuriadi, 2008. Pembaca Teknik Jitu menjadi Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Satrianwati. 2017. Dampak Penggunaan Handphone terhadap Aktifitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Universitar Ahmad Dahlan. Journal.ums.ac.id Pendidikan Dasar Vol.4, No 1. Juli 2017: 54-61.

Sudaryono, 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ti dahlia, Intan Safiah, Soedirman Z. 2018. Pengatuh Penggunaan Handphone terhadap Perkembangan Karakter Anak Pada Usia Sekolah dasar Di SDN 20 Kota Banda Aceh. Jurnal ilmiah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (4) 2018.

Widiawati, I, Sugiman, H @ Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. E-journal Keperawatan, 6, 1-6.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IJEE: Indonesian Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

K Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id