Implementasi Bermain Kolase dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah

Rijki Fijriah(1), idah faridah laily(2*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas siswa yang belum berkembang secara maksimal. Hal ini dilihat dari kurangnya keinginan siswa dalam mengembangkan kreasi dalam menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) proses pembelajaran bermain kolase siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon, 2) pengembangan kreativitas siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon, dan 3) implementasi bermain kolase dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan keadaan yang sesungguhnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan cara menelaah data, mereduksi data dan menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik. Dilihat dari tabel dan rekapitulasi hasil observasi pertama diperoleh 72% dalam kategori “Belum Berkembang”, 28% dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan”, dan 0% dalam kategori “Berkembang Sangat Baik”. Observasi kedua diperoleh 23% dalam kategori “Belum Berkembang”, 71% dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan”, dan 6% dalam kategori “Berkembang Sangat Baik”. Hasil observasi ketiga diperoleh 0% dalam kategori “Belum Berkembang”, 39% dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan”, dan 61% dalam kategori “Berkembang Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi bermain kolase berhasil dengan baik dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon.

 

Kata Kunci: Bermain Kolase, Kreativitas Siswa

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

 

This research is motivated by the creativity of students who have not developed optimally. This is seen from the way students develop their drawing creations. The research aims to describe 1) the collage learning process of class III B students at MI Salafiyah Cirebon, 2) the creativity development of class III B students at MI Salafiyah Cirebon , and 3) using collage games to develop class III B student creativity in MI Salafiyah Cirebon. This research used a qualitative approach by describing the real situation. Data collection technique was observation, interview and documentation. Analysis of the data used qualitative data by analyzing data, reducing data and presenting data in the form of tables or graphs. Seen from the table and recapitulation of the results of the first observation obtained 72% in “the undeveloped” category, 28% in “the developing category As Expected”, and 0% in “the Very Good Developing” category. The second observation obtained 23% in “the Undeveloped” category, 71% in “the Developing category As Expected”, and 6% in “the Very Good Developing” category. The third observation results obtained 0% in “the undeveloping” category, 39% in “the Developing category As Expected”, and 61% in “the Very Good Developing” category. Based on the results of the research, it can be concluded that the implementation of playing collage was successful in developing student creativity on grade III B at MI Salafiyah city of Cirebon.

 

Keywords: Collage Play, Creativity Student

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, E. (2013). Upaya Meningkatkan Kreativitas Menggambar melalui Metode Karyawisata Alam Pada TK Pertiwi. Purwekerto: UMP.

Arikunto, S. (2005). Manajeman Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

A’yuna, Q. (2015). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru Mata Pelajaran Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi. 1 (1). 45-52.

Budiono, M. A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas Indonesia.

Dockett, S. & Fleer, M. (2000). Play and Pedagogy in Early Childhood. Sydney: Harcourt.

Effendi, O. (2008). Seni Lukis Indonesia Tidak Ada. Jakarta: Dewan kesenian.

Hadi, A. W. M. (2004). Hermeneutika, Estetika, dan Religiusitas Esai-esai Sastra Sufistik dan Seni Rupa. Yogyakarta: Matahari.

Hartanto. (2011). Mengembangkan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri. Kependidikan Triadik. 4(1): 14-16.

Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 3(2): 330-331.

Kurnia, E. (2011). Efektivitas Penggunaan Metode Bermain Peran Makro Terhdap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Taman Kanak-kanak. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Kurniawan, A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Graha Bima Terrace A-60, cet. 1.

Mayesky, M. (2011). Aktivitas-aktivitas Kreatif. Jakarta: PT Indeks.

Muharrar, S. & Verayanti, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang: Erlangga.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurfatoni, S. (2013). Kajian Gambar Ekspresi Karya Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Repository Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pamadhi, H. Dkk. (2012). Seni Keterampilan anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Pamadhi, H. & Sukardi, E. (2010). Seni Keterampilan anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Piaget, J. & Barbel, I. (2010). Psikologi Anak. Terj. Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. 1.

Salam, S. (2001). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Soehardjo, A. J. (2012). Pendidikan Seni. Malang: Bayumedia Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni: 1 (1). 1-15.

Sukmadinata, S. N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. 2 (2). 32-33.

Susanto. (2002). Pemanfaatan Kolase. Jakarta: Erlangga.

Sutikno, S. M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yahya, M. (2013). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Edu-Islamika. 5 (1). 39-40.

Yohana, E. (2013). Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Teknik Mozaik dengan Media Biji-bijian. Bengkulu: UNIB


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IJEE: Indonesian Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

K Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id