DAMPAK PEMBEKUAN PRODUK SAJADAH EKSTRA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI NASABAH DI KSPPS BMT CSI SYARIAH SEJAHTERA

ADE FATONAH(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

Investment is a common thing done by the community as a form of financial management, of course with a variety of options that can be taken. In conventional economic management, the available investment is generally not according to sharia principles so that, as a Muslim, it becomes imperative to always be vigilant in investing so as not to get caught in an investment that contains ribawi elements.

Based on the results of research on the freezing of BMT CSI Syariah Sejahtera has social and economic impact. The following social impacts are fear, severe and prolonged stress, loss of confidence as part of community members, loss of comfort when having to interact with the environment, divorce, slander or negative views of society, and crime. Theemerging economic impact is the first increase in the unemployment rate because people who rely on the results of BMT without having another job, after being frozen will automatically be dismissed and unemployment arise. Secondly, the increased number of children who dropped out of school because their assets were used up to cover the debts to third parties used to invest in the company. Third, the number of children who are malnourished because parents who can not provide adequate nutrition due to economic limitations after the freezing of CSI. Fourth, bankrupt because the capital of its business is invested to BMT and not return.

Keywords: Sajadah Ekstra, Social, Economy, Customer, CSI Syariah Sejahtera

 

ABSTRAK

Investasi menjadi hal yang lazim dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk pengelolaan finansial, tentu dengan beragam pilihan yang bisa diambil. Dalam pengelolaan ekonomi konvensional, investasi yang tersedia umumnya tidak sesuai kaidah syariah sehingga, sebagai seorang Muslim menjadi suatu keharusan untuk selalu waspada dalam berinvestasi agar tidak terjebak dalam investasi yang mengandung unsur ribawi.

Berdasarkan hasil penelitian atas pembekuan dana BMT CSI Syariah Sejahtera memiliki dampak sosial dan ekonomi. Dampak  sosial berikut adalah rasa takut, stress yang berat dan berkepanjangan, hilangnya kepercayaan diri sebagai bagian dari anggota masyarakat, hilangnya rasa nyaman ketika harus berinteraksi dengan lingkungannya, perceraian, timbul fitnah atau pandangan-pandangan negatif dari masyarakat, dan kriminalitas. Adapun dampak ekonomi yang timbul adalah pertama bertambahnya tingkat pengangguran karena orang yang mengandalkan hasil dari BMT tanpa mempunyai pekerjaan lain, setelah dibekukan otomatis akan diberhentikan dan timbulah pengangguran. Kedua, bertambahnya anak yang putus sekolah karena harta bendanya habis untuk menutupi utang-utang kepada pihak ketiga yang digunakan untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Ketiga, banyaknya anak yang kekurangan gizi karena orang tua yang tidak bisa memberi asupan gizi yang cukup karena keterbatasan ekonomi setelah dibekukannya CSI. Keempat, bangkrut karena modal usahanya diinvestasikan kepada BMT dan tidak kembali.

Kata Kunci: Sajadah Ekstra, Sosial, Ekonomi, Nasabah BMT CSI Syariah Sejahtera


Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001.

Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001.

at-Tariqi, Abdullah Abdul Husain. Ekonomi Islam: Prinsip, Dasar dan Tujuan. Yogyakarta: Magistra Insania Press, 2004.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro, 2008.

Katsir, Ibnu. Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i, 2003.

Muhamad. Dasar-dasar Keuangan Islam. Yogyakarta: EKONISIA, 2004.

Muhammad. Model-Model Akad Pembiayaan di Bank Syariah (Panduan Teknis Pembuatan Akad atau Perjanjian Pembiayaan pada Bank Syariah). Yogyakarta: UII Press, 2009.

Siagian, Matias. Kemiskinan dan Solusi. Medan: PT.Grasindo Monoratama.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2007.

Syafi’i, Rachmat. Fiqih Muamalah. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2001.

Syani, Abdul. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

“Web Page,” accessed September 27, 2017. (http://bisnis.liputan6.com/read/2640477/ojk-nyatakan-3-perusahaan-investasi-in




DOI: 10.24235/inklusif.v3i1.2830

Article Metrics

Abstract view : 353 times
PDF - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

viev my staat