AUDIT KEAMANAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (APO13)

Ivana Junita Aritonang(1*), Erika Devi Udayanti(2), Nur Iksan(3),


(1) Universitas Dian Nuswantoro
(2) Universitas Dian Nuswantoro
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur tingkat kematangan keamanan sistem informasi. Permasalahan yang sering dialami pada salah satu objek penelitian yaitu belum adanya evaluasi tingkat kematangan terhadap keamanan sistem informasi. Untuk menghindari permasalahan yang ada dimasa yang akan datang, maka diperlukannya audit keamanan sistem informasi. Audit ini  menggunakan framework COBIT 5 dengan fokus pada proses APO13 (Manage Security) yang bertujuan untuk menjaga dampak dan kejadian insiden keamanan informasi dalam tingkat risiko  yang dapat di selesaikan oleh perusahaan. Hasil dari penelitian ini diketahui tingkat kapabilitas dari proses APO13 yaitu Level 0 (Incomplete Process) dengan status L (Largely Achieved) yang artinya sudah mencapai sebagian besar pengelolaan keamanan sistem informasi. Level 1 (Performed Process) dengan pencapaian level sebesar 50% dengan status P (partially achieved) yang artinya keamanan sistem informasi sudah tercapai sebagian. Selanjutnya juga pada Level 2,3 dan 5 yang memperoleh hasil rata-rata diatas 60% dengan status L.

Keywords


COBIT 5, APO13, Audit Sistem Informasi, Keamanan Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


E. N. D. A. Dewi Ciptaningrum, “COBIT 5 Sebagai Metode Alternatif Bagi Audit Keamanan Sistem informasi (Sebuah Usulan Untuk Diterapkan di Pemerintah Kota Yogyakarta),” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, July 2015.

P. s. sukanto, “PERANCANGAN SISTEM MONITORING PERANGKAT JARINGAN BERBASIS ICMP DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM,” ITEJ (INFORMATION TECHNOLOGY ENGINEERING JOURNALS), vol. 2, no. 2, 2017.

S. Y. T. M. Raja Gantino Mufti, “Evaluasi Tata Kelola Sistem Keamanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Fokus Proses APO13 dan DSS05 (Studi Pada PT. Martina Berto Tbk),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, pp. 1622-1631, July 2017.

E. N. D. A. Dewi Ciptaningrum, “Audit Keamanan Sistem Informasi Pada Kantor Pemerintah Kota Yogyakarta Menggunakan COBIT 5,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015, pp. 65-74, 12 July 2015.

A. L. K. W. Iik Muhamad Malik Matin, “Analisis Keamanan Informasi Data Center Menggunakan COBIT 5,” Jurnal teknik informatika, vol. 10, pp. 119-128, 2017.

R. Sarno, Audit Sistem dan Teknologi Informasi, Surabaya: ITS press, 2009.

R.T.Asmono, Proteksi Aset Informasi, Semarang, 2014.

ISACA, COBIT 5 Enabling Processes, USA: IT Governance Institute, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/itej.v3i2.3610

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Indexed By

Google ScholarMorarefBASEBASE Universal Impact FactorAcademic Resource Index