PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 2 KOTA CIREBON PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

Ayu Afridah(1*), Nurul Azmi(2), Asep Mulyani(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan aktivitas penggunaan bahan ajar leaflet pada mata pelajaran biologi materi sistem koordinasi, mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar leaflet dan tidak menggunakan leaflet, dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet dalam pembelajaran biologi materi sistem koordinasi. Desain penelitian ini adalah Pretes dan Posttest countrol group design. Sampel penelitian adalah XI MIA1 dan XI MIA 3 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan angket respon siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai Pretes dan Posttest yang dianalisis menggunakan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 78% dengan kriteria tinggi. Penguasaan materi pada siswa juga meningkat dengan rata-rata nilai pretest (42,38), posttest (80,19), dan N-gain (0,67). Sebagian besar siswa memberikan respon ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.

Keywords


Aktivitas Belajar, Bahan Ajar Leaflet, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, Q. 2011. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. Lampung: Universitas Lampung.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Merta, T. 2012. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet dengan Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.

Nashar, H. 2004. Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan (Prinsip dan Operasionalnya). Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Lynd, L. R., Paul, J. W., Willem, H. Z., dan Isak, S. P. 2002. Microbial cellulose utilization: fundamentals and Biotechnology. Microbiology and Molecular Biology Reviews Vol. 66 (3) : 506-577. DOI: 10.1128/MMBR.66.3.506-577.2002

Sadikin, M. 2003. Manfaat aneka bawang. Prosiding Seminar Obat Tradisional, Suplemen & Health Food. Jakarta, 11 Januari 2003.

Widayanti, K. A. 2006. Color perception of L4M5 gene carrier female Macaca fascicularis. [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.


Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.