UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI KELAS X MIPA-1 SMA NEGERI 5 CIREBON

Sutrisno Sutrisno(1*),


(1) SMA Negeri 5 Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran, materi tidak kontekstual, motivasi siswa rendah, dan guru masih melaksanakan pembelajaran konvensional. Hasil observasi di kelas X MIPA-1 SMA Negeri 5 Cirebon ditemukan hasil belajar biologi siswa rendah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penulis melakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Question Student Have (QSH)  terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi “Archaebacteria dan Eubacteria”. Hasil penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif, pengambilan data ini menggunakan tes tertulis dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kinerja guru meningkat,yaitu siklus I : 71% (baik) dan siklus II : 87% (Sangat baik), (2) Hasil belajar siswa meningkat dengan peningkatan ketuntasan belajar, yaitu siklus I : 65,79% (25 orang) dan siklus II: 92,11% (35 orang) atau peningkatan ketuntasan sebesar 26,32% (3) Aktivitas  belajar siswa meningkat, yaitu siklus I sebesar 69,3%, siswa aktif 25 orang (65,79%) dan siklus II sebesar 77,4%, siswa aktif 34 orang (89,47%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditunjukkan bahwa model pembelajaran QSH dapat meningkatkan hasil belajar biologi.

Keywords


Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model QSH

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama.

Danial, E. A. R. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat PLP, Departemen Pendidikan Nasional.

Rustaman, N. 2005. Strategi belajar mengajar biologi. Malang: Universitas Malang.

Rustiyah, N. K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sardiman, A. M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sukmadinata, N. S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Strategi Dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. U. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PPS UPI). Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.