PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI MAN 3 CIREBON

Nasrullah Nasrullah(1*), Kartimi Kartimi(2), Novianti Muspiroh(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji aktivitas belajar siswa, mengkaji perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran PBL dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional, dan mengkaji respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 3  Cirebon. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 30 siswa (kelas eksperimen), dan 30 siswa kelas XI IPA 1 (kelas kontrol). Penelitian secara kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, lembar observasi dan angket respon. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif deskriptif menggunakan uji statistik program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan mencapai persentase rata-rata tertinggi sebesar 81%. Hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran PBL dengan siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional menunjukan perbedaan yang signifikan. Hasil uji beda indikator KBK menggunakan analisis SPSS versi 23.0 menunjukan nilai Sig 0.000 < 0.05, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Persentase rata-rata angket respon siswa sebesar 79,13% (kriteria kuat).

Keywords


Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Atikasari, S. 2012. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Dalam Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Kemampuan Analisis. Journal of Biology Education Vol. 1 (3) : 219-227.

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hartati, R. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) pp. 505-508.

Kartono, H. dan Bujang, G. 2010. Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka Rekonstruksi dan Pengembangan Sains di Sekolah Dasar. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Pannen. 2001. Kontruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Susilowati. 2013. Membelajarkan IPA dengan Integrative Science Tinjauan Pustaka Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skills) dalam Implementasinya pada Kurikulum 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.