PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI MIPA-2 DI SMA NEGERI 5 CIREBON

Sutrisno Sutrisno(1*),


(1) SMA Negeri 5 Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil observasi secara langsung di kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 5 Cirebon ditemukan beberapa permasalahan yaitu: metode pembelajaran biologi yang diterapkan masih teacher centered yang jarang melibatkan siswa aktif menemukan konsep sendiri. Hal ini mengakibatkan hasil belajar biologi siswa rendah dan siswa mengalami kesulitan menyelesaikan pertanyaan kognitif tingkat tinggi. Penulis melakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Sistem Ekskresi. Hasil penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif, pengambilan data menggunakan tes tertulis dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru meningkat,yaitu siklus I: 72% (baik) dan siklus II: 85% (Sangat baik), (2) Hasil belajar siswa meningkat dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa, yaitu siklus I: 71,43% (25 orang) dan siklus II: 94,29% (33 orang) atau peningkatan ketuntasan sebesar 22,86%,(3) Aktivitas belajar siswa meningkat, yaitu siklus I sebesar 71,8% dan siklus II sebesar 79,5%. Aktivitas keterampilan praktikum, yaitu siklus I sebesar 72,3% dan siklus II sebesar 80,1%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Inkuiri

References


Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama.

Danial, E. A. R. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat PLP, Departemen Pendidikan Nasional.

Hasibuan dan Moedjino. 1996. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Professional: Menciptakan Pembelajaran Yang Kreaktif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Rustaman, N. 2005. Strategi belajar mengajar biologi. Malang: Universitas Malang.

Rustiyah, N. K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sardiman, A. M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sukmadinata, N. S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Strategi Dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.