Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Lokal Kerajinan Gerabah Sitiwinangun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Chamidah Chamidah(1*), Kartimi Kartimi(2), Djohar Maknun(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran biologi berbasis sains lokal merupakan sebuah inovasi baru dalam pembelajaran, pembelajaran sains lokal kerajinan gerabah Sitiwinangun yang dikaitkan dengan materi pencemaran lingkungan akan lebih membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang ada dilingkungan sekitar dan dapat membentuk pribadi yang lebih kritis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengkaji Perbedaan Peningkatan aktivitas siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. 2) Mengkaji Perbedaan peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. 3) Mengkaji Respon siswa setelah diterapkannya pembelajaran biologi berbasis Sains lokal kerajinan gerabah Sitiwinangun pada konsep pencemaran lingkungan. Populasi kelas X Mipa di SMAN 1 Jamblang sebanyak 214 siswa, sampel sebanyak 70 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, sampel kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil data N-Gain uji normalitas dan uji homogenitas keseluruhan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat data tidak homogen dengan signifikansi 0,000<0,050. Sedangkan pada data N -Gain setiap indikator mendapatkan hasil berbeda-beda yaitu tidak semua data terdistribusi normal dan tidak semua data homogen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran biologi berbasis sains lokal kerajinan gerabah Sitiwinangun dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa, siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran biologi berbasis sains lokal kerajinan gerabah Sitiwinangun.


Keywords


Sains lokal, Keterampilan Berpikir Kritis, Pencemaran Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Suatu Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Facione, PA, Sánchez, CA, Facione, NC & Gainen, J., (2011). The disposition toward critical thinking.Journal of General Education.44(1):1-25

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.(alih bahasa oleh Benyamin Hadinata).Jakarta : Erlangga.

Kartono, Hairida, G. Bujang. (2010). Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalm Rangka Rekonstruksi dan Pengembangan Sains di Sekolah dasar. Pontianak: FKIP, Universitas tanjungpura.

Kuswana, W,S. 2012.Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Maknun, Djohar. 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Argumentasi Siswa Pondok Pesantren Daarul Uluum PUI Majalengka pada Diskusi Sosiosaintifik IPA.Scientiae Educatia:Jurnal Pendidikan Sains.3(1):1-15

Saputra A, Sri Wahyuni, Rif’ati Dina Handayani. (2016). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di SMP.FKIP Universitas Jember. 5(2).

Sartini. (2006). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah kajian Filsafat. (online)http://filsafat.ugm.ac.id [ di aksespada tanggal 10 mei 2018]

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya. Bandung : Pustaka Setia

Sulistyowati, Eka. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Widiastuti, Siwi. 2012. Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. KB DAN TK Laboratori Pedagogia. FIP UNY. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1):1-13


Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.