MENGELOLA PENDIDIKAN ISLAM RAUDLATUL ATHFAL

Taqiyuddin Masyhuri(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

 

Kesadaran masyarakat terhadap masa depan pendidikan anaknya sejak usia dini telah merata, ironisnya lembaga pendidikan anak pertama di Indonesia perkembangannya sangat lambat dibandingkan pendidikan anak yang sederajat. Ditengarai karena pengelola pendidikan RA belum menerapkan system manajemen pendidikan Islam; belum menyesuaikan dengan PP No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendididikan (SNP), dan masyarakat yang memasukan anaknya kependidikan RA bukan karena pendidikan RA sebagai sistem pendidikan formal melainkan sebagai pendidikan Islam non formal padaumumnya. Hasil pengamatan dan komunikasi dengan para pengelola pendidikan RA diperoleh gambaran. Pertama, secara keseluruhan Kepala RA bersama Yayasan, sejak awal tahun pelajaran selalu merencanakan program pendidikan untuk satu tahun termasuk penyusunan satuan kegiatan mingguan (SKM) dan satuan kegiatan harian (SKH) dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran. Kedua, dalam melaksanakan program pendidikannya, semua pengelola pendidikan RA telah terorganisasi dan terlaksananya fungsi-fungsi manajemen pendidikan sesuai perannya masing-masing. Ketiga, semua Kepala RA telah melakukan peran, fungsi dan tanggungjawabnya sebagai manajer yaitu pengarah, pengawas, dan penialaian kinerja guru dan stafnya.

 


Kata kunci : Manajemen Pendidikan Islam, RaudlatulAthfal


Full Text:

PDF

References


al-Halwani, Aba Firdaus dan Harini, Sri, Mendidik Anak Sejak Dini. Kreasi Wacana, Yogyakarta: 2003.

Alwaliah, Chaidir, A, Pokoknya Kualitatif, Bandung: 2007

Arikunto, Suharsimi, Yuliana, Lia, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2008.

Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Dasar Pengeritan dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta, Cet. Ke-9 2011

Maulana Haji, Fajar. Mendidik Anak Sejak Dini Menuju Anak yang Kreatif. Penerbit Jawara, Surabaya: 2000.

Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Permendiknas RI No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

PP RI nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan

Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Erlangga, Jakarta: 2008.

Sukarji dan Umiarso, Manajemen dalam Pendidikan Islam, Mitra Wacana Medai, Jakarta: 2014

Terry, R, George, Guide to Management (Prinsip-prinsip Manajemen) Terj, J. Smith D.F.M, , Bumi Aksara, Jakarta: Cetakan ke-11, 2014

Trianto, Desain Pengembangan Pembe-lajaran Tematik bagi Anak usia Dini, TK/RA dan Anak Usia kelas awal SD/MI, Kencana Predina Prenada Media Group, Jakarta, 2011

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara. Jakarta: 2006.

Undang Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Naional, Jakarta: 2003




DOI: 10.24235/jiem.v2i2.3618

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Taqiyuddin Masyhuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: