PENGARUH KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KYAI DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP ETOS BELAJAR SANTRI STUDI KASUS ATAS PONDOK PESANTREN 'AINURRAFIQ KUNINGAN

Asep Kurniawan(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap lebih jauh tentang pengaruh kepemimpinan kharismatik kyai dan motivasi orang tua terhadap etos belajar santri:  Studi kasus atas Pondok Pesantren ‘Ainurrafiq Kuningan. Metode penelitian adalah kuantitatif korelasional. Sampel berjumlah 29 santri dari populasi 150 santri. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. (1) Kepemimpinan kharismatik kyai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap etos belajar santri. (2) Motivasi orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap etos belajar santri. (3) Kepemimpinan kharismatik kyai dan motivasi orang tua secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap etos belajar santri. Temuan ini berimplikasi bahwa (1) semakin besar pengaruh kepemimpinan kharismatik kyai, maka akan semakin tinggi pula etos belajar santri. (2) Semakin besar pengaruh motivasi orang tua, maka akan semakin tinggi pula etos belajar santri. (3) Semakin besar pengaruh kepemimpinan kharismatik kyai dan motivasi orang tua, maka akan semakin tinggi pula etos belajar santri.

 

 


Kata Kunci: keteladanan, peniruan, perubahan hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Absah, Yeni. 2014. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah”, dalam Jurnal Bisnis dan Manajemen Eksekutif, Vol. 1 No. 1, 2014.

Adair-Toteff, Christopher. 2005. “Max Weber’s Charisma”, dalam Journal of Classical Sociology, Vol. 5, No. 2: 189-204.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunga1, David A. O. dan Obadia Masare1. 2017. “Effect of Leadership Styles on Teacher’s Performance in Primary Schools of Arusha District Tanzania”, dalam International Journal of Educational Policy Research and Review, Vol.4 (4), pp. 42-52 April, 2017.

Avolio, B.J., B.M. Bass, D.I. Jung. 1999. “Re-Examining the Components of Transformational and Transactional Leadership Using the Multifactor Leadership Questionnaire”, dalam Journal of Occupational and Organizational Psychology, 72: 441-462.

Balson, Maurice.1996. Menjadi Manusia Yang Baik. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dahie, Abdulkadir Mohamud, Mohamed Omar Mohamed, dan Mohamed Mire Jim’ale. 2015.“Leadership Style and Teacher Work Motivation Empiricirical Investigation from Secondary Shools in Mogadishu Somalia”, dalam International Journal in Management and Social Science. Vol.03 Issue-10 (October, 2015):276-292.

Joosse, Paul. 2014. “Becoming a God: Max Weber and the Social Construction of Charisma”, dalam Journal of Classical Sociology, 14 (3): 266–283.

Mitchell, T. R. 1997. Research in Organizational Behavior. Greenwich, CT: JAI Press.

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama di Sekolah. Bandung: Rosada Karya Offset.

Mustakim.2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2008. Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Ryan, R. M.; Deci, E. L. 2000. “Self-determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being”, dalam American Psychologist. 55 (1): 68–78.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Weber, Max. 1978. “The Types of Legitimate Domination,” dalam Economy and Society: 92-94.

Winch, Christopher dan John Gingell. 2008. Philosophy of Education: The Key Concepts. London: Routledge.




DOI: 10.24235/jiem.v2i2.3621

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asep Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: