MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Muhammad Kusman(1*),


(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahulhuda Subang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkap secara mendalam mengenai manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar Islam terpadu Alamy Subang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ialah para guru, wali kelas, siswa. Untuk mendapatkan data, maka penulis menggunakan instrumen observasi mendalam, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penarikan kesimpulan dari hasil analisis data digunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDIT Alamy Subang dapat dilakukan dengan baik, sarana dan prasarana yang tersedia sudah cukup memadai, sehingga guru cukup dapat berinovasi dalam pembelajaran dan metode digunakan bisa bervariasi sehingga berpengaruh pada sisi akademik yang sudah cukup baik.  Faktor pendukung, yakni sarana prasarana yang cukup memadai, guru yang berkompeten sejalan bidangnya masing-masing, tempat yang cukup strategis, aman, dan lingkungan sekitar sekolah yang bersih. Faktor penghambat, yakni keragaman karakteristik peserta didik, guru pengampu dan wali kelas yang berbeda persepsi dalam manajemen kelas.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Prestasi belajar, Guru

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Chandra, Ritu. 2015. “Classroom Management for Effective Teaching”. International Journal of Education and Psychological Research (IJEPR), 4 (4), 13-15.

Cheryan, Sapna, Sianna A. Ziegler, Victoria C. Plaut, and Andrew N. Meltzoff, 2014. Designing Classrooms to Maximize Student Achievement. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 1(1) 4–12.

Kafu, Patrick A., dan Genvieve N. Simwelo. 2015. “Reforms and Innovations in Teacher Education: Facilitator of Access, Quality and Equity as Emerging Issues in Education in Kenya”. British Journal of Education, 3 (2), 45-60.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jagtap, Prakash. 2016. “Theachers Role as Facilitator in Learning”. an International Peer Reviewed & Referred Scholarly Research Journal for Humanity Science & English Language, 3 (17), 3903-3905.

Lopes, João, Elisabete Silva, Célia Oliveira, Daniel Sass, Nancy Martin. 2017. “Teacher’s Classroom Management Behavior and Students’ Classroom Misbehavior: A Study with 5th through 9th-Grade Students”. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 15 (3), 467-490.

Mikarsa, Hera Lestari. 2009. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nezamedini, Maryam Sadat. 2013. “A Study of the Relationship between English Teachers’ Approaches to Teaching and Students’ Incivilities”. International Journal of English Language Education, 1 (1), 281-299.

Saifi, Imran Latif, Mohammad Iftikhar, Lubna Salamat, Muzaffar Hussain. 2018. “Impact opf Classroom Management on Students Achievement at University Level”. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 2(2),13-27.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Toftuma, Jørn, Birthe U. Kjeldsena, Pawel Wargockia, Henriette R. Menåa, Eva M.N. Hansena, Geo Clausen. 2015. “Association between Classroom Ventilation Mode and Learning Outcome in Danish Schools”. Building and Environment, 92, 494-503.

White, Mary Johnston. 2009. “The Teachergarten: Creating an Environment Conducive to Meaningful Teacher Growth”. Early Childhood Education Journal, 37:171




DOI: 10.24235/jiem.v3i2.5996

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Kusman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by: