Efektivitas Pendekatan Problem Posing dan Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa

Wuningsih Wuningsih(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa salah satunya disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Salah satu pendekatan pembelajaran yang membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yaitu pendekatan pembelajaran problem posing dan kontekstual sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian quasi eksperimen dilakukan pada sampel VIII A, VIII B, dan VIII F yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilihat dari nilai rata-rata N-gain yaitu kelas Eksperimen 1 sebesar 0,63 dan 0,68 keduanya berkategori sedang, pada kelas eksperimen 2 sebesar 0,64 dan 0,61 dengan keduanya berkategori sedang, serta pada kelas kontrol sebesar 0,45 dan 0,44 dengan berkategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan One Way Anova diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka berdasarkan kriteria pengujian bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing, kontekstual dan ekspositori. Perhitungan dilanjutkan dengan uji Scheffe didapat kesimpulan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis daraipada pendekatan problem posing dan ekspositori. Penerapan pendekatan problem posing lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif daripada penerapan pendekatan kontekstual dan ekspositori.

Keywords


Berpikir kritis; berpikir kreatif; pendekatan problem posing; pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

References


Afifi, J. (2014). Inovasi-inovasi Kreatif Manajemen Kelas & Pengajaran Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa SD (Versi Elektronik). Edisi Khusus, 1, 76-89.

Hassoubah, Z. I. (2008). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Amerika Serikat: Noorden.

Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Kelen, Y. P. K. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55-64.

Kurniawati, L. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64-72.

Persada, A. R. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media.

Susanti, I., Akbar, R. O., & Nasehuddien, T.S. (2015). Efektivitas Berpikir Kreatif Matematika Antara Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning Dengan Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Work Based Learning Pada Pokok Bahasan Geometri Di Kelas X SMA Negeri 5 Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2).

Shanti, W., Sholihah, D., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48-58. doi:http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Silver, E., & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education, 27(5), 521-539.

Suherman, E., & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: JICA.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.