Pengaruh Pengalaman Belajar Terhadap Sikap Positif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP NU Dukuhjati Krangkeng-Indramayu

Muhibatun Nisa(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang dipelajari mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu tujuan dari pendidikan matematika adalah untuk pembentukan sikap, sikap merupakan perilaku untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial, dengan beberapa komponen seperti perasaan, pemikiran, tindakan, penilaian serta reaksi suka atau tidak suka terhadap objek, sikap bukan termasuk  bawahan dari lahir, tetapi sikap tersusun dan terbentuk melalui pengalaman serta memberikan pengaruh langsung kepada respon seseorang, pengalaman adalah sumber pengetahuan dan keterampilan yang bersifat pendidik dan merupakan satu kesatuan di sekitar tujuan murid. Pengalaman adalah salah satu dari aspek dalam pembentukan sikap individu.Untuk itu dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar terhadap sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMP NU Dukuhjati Krangkeng-Indramayu.Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIIISMP NU Dukuhjati tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 103 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B dengan jumlah 34 siswa yang diambil secara ClusterRandom Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 2, yaitu kuesioner untuk data pengalaman belajar dan skala sikap untuk data sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika.Teknik analisis data untuk uji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa thitung = 7,689 lebih besar dari ttabel=2,737. maka Ho di tolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh antara pengalaman belajar terhadap sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika. selain itu di dapat persamaan regresi untuk kedua variabel tersebut Y=18,618+0,748X.

Keywords


Pengalaman belajar; sikap positif; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1991). Pendidikan bagi bagi Anak-anak Berkesulitan Belajar. Bandung: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kumaedi, & Manfaat, B. (2013). Pengantar Metode Statistika. Cirebon: Eduvision.

Mastur, F. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid, Jogjakarta: Diva Press.

Muarip. (2017). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Topik Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe STAD. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2).

Nazir. (2013). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Puspasari, W. D. (2010). Meningkatkan Sikap Positif Siswa SMA Negeri I Muntilan terhadap Matematika (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta)

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2003). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta; Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.