Profil Peran MGMP Matematika Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi dan Karakter Siswa SMP Negeri di Kota Cirebon

Rais Supriyanto(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Musyawarah guru mata pelajaran memegang peranan penting dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru. Kompetensi pedagogik guru akan menentukan kualitas pembelajaran di kelas yang nantinya akan berdampak terhadap motivasi dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran MGMP matematika dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru, motivasi dan karakter siswa SMP negeri di kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan populasi gurunya 24 orang anggota MGMP Matematika SMP Kota Cirebon, sedangkan populasi terjangkau siswa di ambil menggunakan cluster random sampling berdasarkan nilai UN 2017, kemudian sampel menggunakan purposive sampling dan diambil proporsi menggunakan rumus Issac & Michael sebanyak 233 siswa. Pengumpulan data diambil menggunakan wawancara dan angket. Hasil analisis deskriptif untuk kompetensi pedagogik guru sebesar 82%, hasil analisis deskriptif motivasi siswa SMP Negeri di Kota Cirebon sebesar 69% dan untuk masing-masing sekolah adalah; 1) SMPN 1 Kota Cirebon sebesar 70% 2) SMPN 10 Kota Cirebon sebesar 68% 3) SMPN 8 Kota Cirebon sebesar 70%. Hasil analisis deskriptif untuk karakter rasa ingin tahu dan mandiri siswa SMP Negeri di Kota Cirebon sebesar 67% dan untuk masing-masing sekolahnya adalah; 1) SMPN 1 Kota Cirebon sebesar 67% 2) SMPN 10 Kota Cirebon sebesar 66% 3) SMPN 8 Kota Cirebon sebesar 67%.

Keywords


MGMP; kompetensi pedagogik guru; motivasi siswa; karakter siswa

Full Text:

PDF

References


Adi, R. (2008). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Tingkat Sekolah (MGMPS) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Malang).

Anike, A., & Handoko, H. (2018). Profil Kognitif Berfikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika Model Jigsaw Melalui Pendekatan Discovery Learning. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1). doi: 10.24235/eduma.v7i1.2900

Astuti, N. E. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN Se-Kabupaten Tulungagung (Tesis, Pascasarjana IAIN Tulungagung)

Direktorat Profesi Pendidik. (2008). Standar Pengembangan KKG dan MGMP. Jakarta: Depdiknas

Morgan, C. T., King, R. A., Weisz, J. R., & Schopler, J. (1986). Introduction to psychology. New York, NY: McGraw-Hill.

Sardiman. (2003). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sumardi. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP. Yogyakarta: Deepublish

Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1).

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).


Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.