Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Adaptasi Melalui Realistic Mathematics Education (RME)

Rifka Bella Diana(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika pada materi lingkaran dan mengukur tingkat kemampuan adaptasi siswa. Pembelajaran matematika dilakukan dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan mengambil sampel dalam  penelitian sebanyak satu kelas yang berjumlah 27 siswa. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa pretest-postest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, angket untuk mengukur tingkat kemampuan adaptasi, dan angket respon siswa terhadap penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Berdasarkan hasil pretest-postest dengan menggunakan N-gain, diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,53 yang termasuk dalam kriteria sedang. Sedangkan untuk tingkat kemampuan adaptasi siswa tergolong tinggi dengan persentase 74,38%. Hasil tersebut didukung oleh respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan, dengan perolehan rata-rata sebesar 60,50% yang tergolong dalam kategori kuat. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berkontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis dan adaptasi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dan tingkat kemampuan adaptasi siswa tergolong baik.

Keywords


Berpikir Kritis; adaptasi; Realistic Mathematics Education (RME)

Full Text:

PDF

References


Aditya, A. (2014). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPIT Ruhama Depok (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah).

Ali, M., & Asrori, M. (2017). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anjarwati, T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Minggir Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Skripsi, Universitas PGRI Yogyakarta).

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Dewi, F. H. (2017). 2. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 SIMAN (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Kusmanto, H. (2004). Korelasi Antara Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Kreativitas Berpikir Siswa (Skripsi, STAIN Cirebon).

Sobur, A. (2010). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toheri. (2017). Future’s Research in Mathematics Education. Procediamath, 1(1).

Widaningsih, D. (2010). Modul Perencanaan Matematik. Bandung: Rizqi Press.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.