UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK DALAM PEMBELAJARAN KONSEP KELISTRIKAN

tuti popy suparti(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Judul penelitian ini adalah penerapan metode kooperatif tipe gallery walk untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran konsep kelistrikan, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa dengan menggunakan metode kooperatif. Metode kooperatif tipe gallery walk dalam prosesnya terdapat tim ahli. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana mengatasi rendahnya prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Metode kooperatif tipe gallery walk merupakan salah satu alternatif dalam peningkatan prestasi belajar  Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Model dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Subyek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A  SMPN 5 Kuningan tahun pelajaran 2014-2015 sebanyak 21 siswa. Kompetensi dasar yang dibahas dalam penelitian ini adalah Konsep Kelistrikan. Intrumen penelitian ini adalah silabus,rencana pembelajaran dan soal-soal ulangan formatif.          Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan metode kooperatif tipe gallery walk pada pembelajaran konsep kelistrikan dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa.

 

Kata Kunci : prestasi belajar siswa, metode kooperatife Gallery walk, konsep kelistrikan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendididkan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2010. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Asmani, Jamal Ma’mur, 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).Jogjakarta: Diva Press. .

Aswanir dan Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Bahri, Saiful dan Dzamarah Aswan Z. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Darmasyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. 2010. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gufron, Moch. 2011. “Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group Discussion dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas

VIII E di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo”. Skripsi Sarjana. Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hardini, Israni & Dewi Puspitasari. 2011. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Manfaat, Budi. 2010. Membumikan Ilmu Pengetahuan Alam Dari Kampus ke Kampung. Cirebon : Eduvision Publishing.

Marini. 2012. Efektifitas Penggunaan Metode “Gallery Walk” Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Tarakan.Makasar: Jurnal Penelitian.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan Cetakan ke 23. 2007. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robert E Slavin. 2013. Cooverative LearningTeori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia. Jurnal Penelitian

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sobari, Teti. 2011. Model – model Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Sudjiono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Syah, Muhhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Syodikh, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i2.1001

Article Metrics

Abstract view : 719 times
PDF - 450 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)