PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ARJAWINANGUN

Qulud Qulud(1), Wahidin Wahidin(2), Yuyun Maryuningsih(3*),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pembelajaran di kelas merupakan interaksi yang paling mendominasi dalam keberhasilan siswa selama mengikuti pembelajaran di suatu sekolah. Proses tersebut harus seimbang antara siswa dan guru. Hasil PISA menunjukkan rata-rata kemampuan literasi sains siswa Indonesia dibawah standar. Oleh karena itu penggunaan model learning cycle 7e merupakan upaya untuk memaksimalkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Arjawinangun, dengan desain  penelitian menggunakan Control Group Pretes and Posttest design. Teknik pengumpulan data yang  digunakan adalah  lembar  observasi, makalah, poster, tes, dan angket,.  Data  yang diperoleh  dianalisis  dengan  menggunakan  uji  statistik  meliputi  uji  normalitas,  uji homogenitas dan uji t (hipotesis). Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  peningkatan  kemampuan literasi sains yang signifikan antara kelas yang menerapkan model learning cycle 7e dengan yang tidak menerapkan model learning cycle 7e, dilihat dari hasil tes, makalah, dan poster. Kemampuan literasi sans siswa kelas  eksperimen lebih  tinggi  daripada  kelas  kontrol. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan model learning cycle 7e dibuktikan dengan hasil respon angket siswa yang menunjukkan kriteria sangat kuat.

 

Kata Kunci  :  Model learning cycle 7e, Literasi Sains, dan Sistem Reproduksi.


Full Text:

PDF

References


Ates, Salih. The Effects of Learning Cycle on College Students’ Understandings of Different Aspects in Resistive DC Circuits. http://www pub.iaea.org/MTCD/publications/PDF/TCS-42_web.pdf. [23 Juli 2015]

Hakim, Lukmannul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasinya. Bandung : Refika Aditama.

Lawson, A. E. 1996. Using The Learning Cycle To Teach Biology

Conceptsang Reasoning Paterns.

Martin, 2008. Attitudes Toward Science Among School Students Of Different Nations: A Review Study.

Mariana, I. Made Alit dan Praginda, Wandi. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung : PPPPTK IPA.

Mayer, Victor J. 2002. Global Science Literacy. New York : Kluwer Academic Publisher.

Mulyadi. 2009. Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN Malang Press.

Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Norris S.P., & Phillips, L.M. 2003. How literacy in its fundamental sense is central to scientific literacy. Science Education, 87, 224-240. [25 Oktober 2014]

PISA. 2009. Pisa 2009 Assessment Framework – Key Competencies In Reading, Mathematics And Science. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/44455820.pdf. [25 Oktober 2014]

Poedjiadi, A. 2005. Pendekatan Pembelajaran Sains teknologi Masyarakat pada Pendidikan Formal dan Masyarakat. Bandung : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. [28 November 2014]

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya. Bandung : Pustaka Setia.

Sutrisno, Wawan Sri Dwiastuti, dan Puguh Karyanto. 2012.

Pengaruh Model Learning Cycle 7e Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret. http://eprints.uns.ac.id/12295/1/1041-2434-1-SM.pdf. [10 Oktober 2014].

Tjalla, Awaluddin. 2010. Jurnal Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. [Online]. http://www.uninus.ac.id/data/data_ilmiah/Suhendra%20Yusuf%20-%20Makalah%20untuk%20Jurnal%20Uninus.pdf [10 Oktober 2014].

Toharudin, Uus dkk. 2011. Membangun Litrasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Weil, M. Dan Joyce, B. (2004). Model Of Teaching. Science Education, 87, 224-240. [25 Oktober 2014]




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v4i1.268

Article Metrics

Abstract view : 1626 times
PDF - 780 times

Refbacks



Scientiae Educatia indexed by:

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)