ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPA DALAM MENGGUNAKAN PENILAIAN PROYEK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTs N CIREBON II

Helmi Apriliyatmi Hapwiyah(1*), Dewi Cahyani(2), Nurul Azmi(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dilapangan, kebanyakan guru masih kurang efektif dalam menilai siswa. Hal ini dikarenakan guru hanya menilai siswa pada aspek kognitifnya saja, sedangkan aspek afektif dan psikomotor tidak begitu diperhatikan. Sehingga penulis menganalisis upaya guru IPA dalam mengevaluasi siswa dengan menggunakan penilaian proyek untuk memenuhi kompetensi pedagogik guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan profil guru IPA yang baik dalam menggunakan penilaian proyek menurut tanggapan guru di MTs Negeri Cirebon II, (2) Mendeskripsikan analisis kompetensi pedagogik guru IPA dalam menerapkan penilaian proyek untuk mengevaluasi siswa pada konsep pencemaran lingkungan di MTsN Cirebon II, dan (3) Mendeskripsikan respon siswa dalam pelaksanaan penilaian dengan menggunakan penilaian proyek di MTsN Cirebon II. Penelitian ini mengambil lokasi di MTs Negeri Cirebon II dan dilaksanakan  pada bulan April sampai Mei tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah seorang guru IPA di MTs N Cirebon II yang dianggap memiliki kompetensi pedagogik dalam menggunakan penilaian proyek. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi.  Hasil penelitian analisis kompetensi pedagogik guru IPA dalam menggunakan penilaian proyek pada konsep pencemaran lingkungan di kelas VII MTs Negeri Cirebon II menunjukkan bahwa (1) Guru “X” layak dijadikan subjek penelitian karena beliau sering menggunakan penilaian proyek saat mengajar di kelas (2) Presentase rata-rata observasi kompetensi pedagogik guru IPA dalam menggunakan penilaian proyek pertemuan pertama rata-rata yang diperoleh dari beberapa aspek adalah 86,67%, pertemuan kedua mengalami peningkatan yaitu 88,89% dan pertemuan ketiga mengalami peningkatan kembali yaitu 90,00% (3) Presentase rata-rata angket respon siswa secara keseluruhan 81% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru ‘X’ dalam menggunakan penilaian proyek sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara guru “X” sebagai narasumber, dan hasil observasi selama tiga pertemuan ini selalu terjadi peningkatan setiap pertemuannya.

 

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Penilaian Proyek


Full Text:

PDF

References


Christine, Maylanny. 2009. Pedagogi: Strategi dan Teknik Mengajar dengan Berkesan. Bandung: PT Setia Purna Inves.

Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

. 2013. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Drajat, Manpan dan Ridwan Effendi. 2014. Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fuad, Anis dan Kandung S.N. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hesya. 2007. Analisis Tindakan Pedagogis Guru Biologi di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Irnaningtyas. 2013. Siswa Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media.

Menteri Pendidikan. 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Permen Diknas.

Miles BM dan AM Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Pre4.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujtahid, 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN-Maliki Press.

Mulyasa, E 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musfah., Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurfuadi. 2012. Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian.

Permadi, Dadi dan Arifin Daeng, 2013. Panduan menjadi Guru Profesional. Bandung: C.V Nuansa Aulia.

Pinilih. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Produk pada Pembelajaran IPA untuk Siswa SMP. Skripsi UNNES

Priatna, Nanang. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Nusa. 2013. Metedologi Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rohmalia, Lilistigfaroh. 2014. Jurnal Analisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja untuk Meningkatkan Kinerja

Guru SMP, MTs dan MA Takhassus Al-Qur’an Demak. Semarang: UNDIP Press.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Saud, Udin Syaefudin. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Shofwah. 2011. Pemetaan (Mapping) Kompetensi Pedagogik Guru-Guru Biologi Pada SMA Negeri Di Kabupaten Cirebon. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Subali, Bambang. 2010. Jurnal Penilaian, Evaluasi dan Remediasi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sunarti, dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta; C.V Andi Offset.

Uno, Hamzah B. 2011. Profesi Kependidikan problem, solusi, dan reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyudi. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v4i1.271

Article Metrics

Abstract view : 1195 times
PDF - 920 times

Refbacks



Scientiae Educatia indexed by:

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)