TRACER STUDY: STUDI REKAM JEJAK ALUMNI DAN RESPONS STAKEHOLDER JURUSAN TADRIS IPA-BIOLOGI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Evi Roviati(1*), Deden Jalaludin(2), Ela Fitria(3), Elan Jaelani(4), Lina Lia Sari(5),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Jurusan tadris IPA-biologi sebagai salah satu program studi yang ada di Fakultas Tarbiyah IAIN Syek Nurjati Cirebon menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan biologi.  Untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan program studi dalam mewujudkan tujuannya, dilakukan studi penelusuran alumni (tracer study) dan respons pengguna untuk memperoleh data yang dapat dijadikan pedoman pengembangan jurusan untuk ke depannya.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji profil lulusan Jurusan Tadris IPA-Biologi; (2) mengkaji respons alumni terhadap proses pembelajaran selama mereka menempuh pendidikan di Jurusan Tadris IPA-Biologi; (3) mengkaji relevansi keahlian yang mereka peroleh selama perkuliahan dengan pekerjaan mereka sekarang; (4) mengkaji proses dan cara alumni untuk memperoleh pekerjaan setelah mereka lulus dari Jurusan Tadris IPA-Biologi; dan (5) mengkaji respons pengguna terhadap kinerja dan keterampilan yang dimiliki alumni yang bekerja di tempat mereka.  Profil lulusan Tadris IPA-Biologi IAIN Syekh Nurjati adalah memiliki daya serap tinggi di dunia kerja, menekuni pekerjaannya, berpenghasilan di bawah Rp. 1 juta, jarang mengikuti kegiatan forum alumni dan jarang memberikan informasi lowongan pekerjaan, kesempatan PPL dan penelitian.  Sebagian besar alumni bekerja di bidang yang sesuai dengan pekerjaannya dan perlu memiliki keterampilan berbahasa asing dan teknologi informasi.  Alumni jurusan Tadris IPA-Biologi cepat bekerja, mulai mencari pekerjaan sesegera mungkin, memperoleh informasi pekerjaan sebagian besar dari teman dan keluarga dan memperoleh pekerjaan pertama melalui kompetisi dan rekomendasi.  Penilaian alumni terhadap mata kuliah, kualitas pembelajaran dan sistem penilaian sebagian besar baik, pelayanan dosen dan suasana akademik baik, kesempatan terlibat dalam proyek dosen dan menentukan kebijakan kampus cukup baik, pelayanan sarana kampus cukup baikdan pelayanan tugas akhir baik.  Kepuasan pengguna terhadap lulusan pada berbagai aspek baik, kecuali kemampuan bahasa asing.  Aspek penting dalam penerimaan pegawai menurut pengguna dalam berbagai aspek dianggap penting dan sangat penting, kecuali rekomendasi pihak ketiga.

 

Kata kunci: tracer study, profil lulusan, alumni

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi ketujuh, buku dua. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Fikawati, Sandra. 2010. Tracer Study UI 2010. Career Development Center Universitas Indonesia (CDC-UI). Jakarta.

Heidemann, Lutz. 2011. Only Successful Graduates Respond to Tracer Studies: A Myth? Results from the German Cooperation Project Tracer Studies. International Conference on “Human Capital and Employment in the European and Mediterranean Area” Bologna, 10-11 March 2011.

ALMALAUREA WORKING PAPERS no. 13 AlmaLaurea Working Papers – ISSN 2239-9453 September2011

Nazili, M dan M.T. Nurmadiansyah. 2009. Tracer Study Alumni Fakultas Dakwah. Jurnal Dakwah, Vol X No. 1 Januari-Juni 2009; hal 85-105.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.30 Tahun 1990. Tentang Pendidikan Tinggi.

Sardjono. 2000. Permasalahan Pendidikan MIPA di Sekolah dan Upaya Pemecahannya. Makalah pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA. FPMIPA UM Malang.

Schomburg, Harald. 2003. Handbook for Tracer Studies. Centre for Research on Higher Education and Work, University of Kassel, Moenchebergstrasse 17, 34109 Kassel, Germany.

Shongwe, Mzwandile dan Dennis Ocholla. 2011. A tracer study of LIS graduates at the University of Zululand, 2000 -2009. Department of Information Studies University of Zululand. presented at the 6th Biennial ProLISSA Conference, Pretoria, 9-11th March 2011

Tertiary Education Commission, 2009. Graduate Tracer Study 2008. The Tertiary Education Commission (TEC), University of Mauritius (UoM) and University of Technology Mauritius (UTM). Mauritius.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zainab, A.N.; NN Edzan; S.Suzana. 2004. Tracing Graduates to Ascertain Curriculum Relevance. Malaysian Journal of Library & Information Science, Vol.9 No.1, July 2004; 27-37.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v4i1.272

Article Metrics

Abstract view : 1200 times
PDF - 1113 times

Refbacks



Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)