KETERAMPILAN ESENSIAL DAN KOMPETENSI MOTORIK LABORATORIUM MAHASIWA CALON GURU BIOLOGI DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM EKOLOGI

Djohar Maknun(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterampilan esensial laboratorium adalah keterampilan dasar sebagai prasyarat pengembangan keterampilan selanjutnya, berupa sejumlah prosedur, proses dan metode yang digunakan ilmuwan ketika mengkonstruksi pengetahuan dan memecahkan masalah dalam kerja ilmiah. Pembentukan keterampilan esensial merupakan salah satu penekanan dalam pembelajaran sains. Kenyataan data penelitian menunjukkan bahwa kompetensi keterampilan esensial lab mahasiswa masih rendah. Keterampilan esensial lab juga belum sepenuhnya diajarkan secara optimal dalam praktikum ekologi. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tes, angket, dan wawancara. Sampel diambil secara acak sederhana. Rata-rata tingkat penguasaan keterampilan esensial lab mahasiswa 35,5%, sedangkan kompetensi motorik lab-nya sebesar 59,6%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji profil keterampilan esensial lab mahasiswa dan komptesi motorik lab mahasiswa calon guru biologi.

Kata kunci : keterampilan esensial lab, kompetensi motorik, praktikum ekologi


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. (2001). Analisis Pembelajaran Biologi Molekuler di SMU Kodya Bandung. Makalah Penelitian. Bandung: FMIPA UPI.

Carrol, S. and Feltam, M. (2007). Knowledge or Skills-The Way to a Meaningful Degree? An Investigation into Importance of Key Skills within an Undergraduate Degree and The Effect This on Student Success. Bioscience Education e-journal 10.

D’Avanzo C. (2003). Research on Learning: Potential for Improving College Ecology Teaching. Front Ecol Environment. 1(10):533-540.

Ford, E. D. (2000). Scientific Method for Ecological Research. New York: Cambridge University Press.

Gibb, J. (2002). The Collection of Research Reading on Generic Skill in VET [online]. Tersedia: http://www.ncvr.edu.au.hotm. [ 17 Nopember 2008].

Haigh, M., (1996). Investigating Investigatorrs: Implications for Teachesrs of theIntroduction of Open Investigations Into Form 6 (Year 12) Biology Practical Work. Paper accompanying presentation to 27th annual conference of The Australian Science Education Research Association, Canberra.

Henry, N. W. (1975). Objectives of Laboratory Work. In: The Structure of Science Education, Australia: Longman.

Moore, R. (2007). What Do Students’ Behaviors and Performances in Lab Tell Us About Their Behaviors and Performances in Lecture – Portions of Introductory Biology Courses? Bioscene: Journal of College Biology Teaching. 33(1), 19-24.

Nur, M. (1996). Teori Pembelajaran IPA dan Hakekat Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : Dikmenum.

Ottander, C, & Grelsson, G. (2006). Laboratory work: the teachers’ perspective. Journal of Biological Education. 40(3), 113-118.

Rustaman, N et al. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi UPI.

Rustaman N & Riyanto, A. (2003). Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tinggi. Handout Program applied approach bagi Dosen baru Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13-25 Januari 2003.

Semiawan, C. (1985). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.

Sund, R.B. and Trowbridge, L.W. (1987). Teaching Science by Inquiry in The Secondary School. Ohio: A Bell & Howell Company.

Surya, M. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandumg: Pustaka Bani Buraisy.

Watson, R., Prieto, T., Dillon, S.J., (1995). The Effect of Practical Work on Students’ Understanding of Combustion. J. Research in Science Teaching. Vol 32, No. 5.

Wulan, A.R. (2003). Permasalahan yang Dihadapi dalam Pemberdayaan Praktikum Biologi di SMU dan Upaya Penanggulangannya. Tesis. Bandung: SPs UPI (tidak dipublikasika).




DOI: 10.24235/sc.educatia.v1i2.504

Article Metrics

Abstract view : 853 times
PDF - 761 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)