PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM REGULASI MANUSIA UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II

Dewi Fortuna(1), Edy Chandra(2*), Ria Yulia Gloria(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan potensi siswa dari suatu proses pembelajaran adalah program evaluasi, alasan mengapa evaluasi berperan dalam perkembangan potensi siswa itu karena evaluasi merupakan faktor penting untuk menentukan sukses atau tidaknya proses pembelajaran dan sekaligus dapat mempengaruhi proses pembelajaran selanjutnya. Salah satu alat evaluasi yang sering digunakan adalah tes. Karena fungsi tes sangat penting dalam proses evaluasi maka penulis bermaksud mengembangkan penelitian tentang pengembangan tes. Tes yang dikembangkan oleh penulis adalah tes diagnostik untuk mengukur miskonsepsi siswa dengan jumlah soal awal 100 soal. Metode pada penelitian ini adalah metode pengembangan termodifikasi, yaitu dilakukan dalam tiga tahapan, pertama uji ahli/validasi ahli, kedua uji coba terbatas dan ketiga uji coba lapangan. Metode yang digunakan dalam mendiagnosa miskonsepsi yaitu menggabungkan 2 metode antara Metode Matriks Analisis Konsep dan dan Certainty Of Response Index (CRI). Hasil pengembangan tes diagnostik menghasilkan 25 soal valid dengan konsistensi reliabilitas produk tes sangat baik dengan rata-rata reliabilitas keseluruhan uji coba mendapatkan nilai 0,631 (tinggi).

 

Kata kunci: metode pengembangan, tes diagnostik, miskonsepsi.


Full Text:

PDF

References


Anto, Cipta. 2011. Pengembangan Soal-soal Pokok Bahasan Sistem Respirasi Untuk SMA Kelas XI Semester II Untuk Menilai Berfikir Tingkat Tinggi. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi & Safruddin Cepi. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bafadal, Ibrahim. 2003. "Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar." Jakarta: PT Bumi Aksara

Depdiknas, 2007. Tes Diagnostik, Direktorat Pembinaan sekolah Menengah Pertama. Jakarta

Djaali & Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Farida. 2010. http://faridach.wordpress.com/2010/11/04/peranan-analisis-konsep-dalam-pengembangan-pembelajaran/. Di unggah pada tanggal 17/3/2013 pukul 13.00

Hasan, Saleem, dkk. 1999. Misconceptions an The Certainly Of Respon Index (CRI). Phys. Educ. 34 (5), PD, 294-299.

Herron, J. Dudley., et. al. 1977. Problems Associated With Concept Analysis. Journal of Science Education, (61)2: 185 – 199.

Kurniasih, Linda. 2011. Pengembangan Soal-soal Pilihan Ganda Pada Konsep Sistem Ekskresi Untuk Menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Latif, Abdul. 2007. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama

Liliawati, Winny. 2008. Profil Miskonsepsi Materi IPBA Di SMA Dengan Menggunakan CRI (Certainly Of Respons Index). Jurnal Pengajaran MIPA. Tidak Diterbitkan

Mulyasa. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan pembelajaran KBK. Bandung: PT Rosda Karya

Nasoetion, Noehi. 2001. Buku Materi Pokok Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar IPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

P, Suparno. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Gramedia: Jakarta

Pujayanto, Rini budi harti, Sutadi waakito. 2007. Identifikasi Miskonsepsi IPA (FISIKA) Pada Siswa SD. Jurnal Pengajaran MIPA. Tidak Diterbitkan.

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Dan desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siregar, Nelson. 1998. Penelitian Kelas; Teori, Metodelogi Dan Analisis. Bandung: IKIP Bandung Press

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sujana, Arman. 2007. Kamus Lengkap Biologi. Jakarta: Mega Aksara Jakarta

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara

Surapranata, Sumarna. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya

. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya

Widdiharto, Rachmadi. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. dicetak oleh Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan Matematika

Wilis Dahar, Ratna. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Winny Liliawati & Taufik Ramlan. 2008. Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Pengembangan Materi IPBA pada KTSP. Jurnal Pengajatan MIPA. Tidak Diterbitkan

Winny Liliawati. 2008. Profil Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certainly Respons Index). Jurnal Pengajatan MIPA. Tidak Diterbitkan




DOI: 10.24235/sc.educatia.v2i2.514

Article Metrics

Abstract view : 1916 times
PDF - 934 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)