PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 8 KOTA CIREBON

Megah Khoerunisa(1), Djohar Maknun(2*), Asep Mulyani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia tutorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX. Multimedia interaktif model tutorial merupakan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer bersifat mastery learning yang menggabungkan berbagai media seperti audio, video, teks dan gambar yang dapat memvisualisasikan berbagai fakta, keterampilan, konsep dan menampilkan animasi sesuai kebutuhan. Metode penelitian dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Instrumen yang digunakan yaitu, tes soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan multimedia. Hasil penelitian pada kelas eksperimen pretest sebesar 49.51, posttest 78.43 dan N-Gain 58.93, sementara kelas kontrol diperoleh rerata pretest sebesar 47.35, posttest 72.55 dan N-Gain 49.51. Hasil perhitungan statistik dengan uji t diperoleh nilai Sig.0.005 dengan α=0.05 dapat diartikan penerapan multimedia interaktif model tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini didukung dengan sikap dan respon siswa dengan rerata sebesar 84.93% yang mempunyai kategori sangat kuat.

 

Kata Kunci:, Multimedia interaktif, tutorial, bioteknologi


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S,B. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Astuti, R. 2008. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi. Jakarta: Ieppend

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change-Gain Scores. Tersedia Online: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/analyzingchange-gain.pdf. Diakses pada: 20 Januari 2012

Hasan, I. 2009. Analisis Data dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Irianto, A. 2010. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakata: Kencana

Meltzer, D. E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Posibble “Hidden Variable” in Diagnostic Pretes Scores. Tersedia Online: http://ojps.ajp.org/ajp/hotml. Diakses 20 Januari 2012

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munir. 2008. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir, 2013. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Puspita, G.N. 2008. Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Konsep Reproduksi Hewan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Generik Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX. Tesis SPs UPI: Tidak Diterbitkan

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press

Rustaman, N. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Jakarta: Universitas Terbuka

Warnadi. 2010. Penerapan media pembelajaran Tutorial Adobe Capteivate dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Pokok Bahasan Sel di SMA Negeri 5 Kota Cirebon (Skripsi). Cirebon: IAIN Syekh Nurjati

Wlodkowski, RJ. 2004. Hasrat Untuk Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: 10.24235/sc.educatia.v3i2.541

Article Metrics

Abstract view : 830 times
PDF - 629 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)