PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MURDER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII MTs AL-IKHLAS SETUPATOK CIREBON

Siti Juleha(1*), Emah Khuzaemah(2), Dewi Cahyani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya prestasi belajar yang dicapai oleh siswa disebabkan rendahnya daya ingat siswa. Hal ini diperoleh dari hasil belajar yang pada umumnya beberapa hari setelah proses belajar siswa hanya mengingat sebagian materi dari yang dipelajari.Penyebab ketidakmampuan siswa mengingat materi yang sudah dipelajari tersebut adalah karena siswa tidak diajak untuk berperan aktif dalam belajar sehingga materi yang diberikan sangat sulit untuk diingat. Seorang guru sebaiknya mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat agar bahan atau materi pembelajaran yang disampaikan dapat dikuasai siswa dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan strategi murder dalam proses belajar mengajar; peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan strategi murder pada pembelajaran Biologi; dan perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan strategi murder.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa meningkat setelah diterapkan strategi murder; (2) Penguasaan konsep siswa meningkat setelah diterapkan strategi murder. Hal ini dibuktikan dengan pengujian statistik menggunakan uji wilcoxon diperoleh sig. 0.00 < 0.05 maka Ha diterima; (3) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai sig. 0.00 < 0.05 maka Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Dahar, 1989. Teori-Teori Belajar. Bandung : Erlangga.

Hamzah, B.U. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Jamarah, S.B. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya

Karim,S, Ida K. et. al. 2006. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar Untuk kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Rosdakarya.

Karnoto. 1996. Mengenal Analisis Tes.Bandung : IKIP Bandung.

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004, Panduan Pembelajaran KBK. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muslim, Ibrahim.2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta Sagala, S. 2000. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Sugiyono, 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta: Pustaka

Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Usman, M. U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosdakarya. Uyanto, S.S. 2009.

Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2194132-tujuan-pengajaran- strategi-murder/ http://madurapeduli.blogspot.com/2009/02/obrolan.html




DOI: 10.24235/sc.educatia.v3i2.543

Article Metrics

Abstract view : 695 times
PDF - 900 times

Refbacks



Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)