REPRESENTASI VISUAL BUKU BIOLOGI SMA PADA MATERI KINGDOM PLANTAE

Asep Mulyani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berjudul “Representasi Visual Buku Biologi SMA pada Materi Kingdom Plantae”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi visual yang terdapat pada buku teks biologi SMA. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah tujuh buku biologi SMA kelas X. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dalam bentuk checklist untuk mengidentifikasi representasi visual yang terdapat pada buku biologi. Data yang telah didapatkan dideskripsikan berdasarkan tipe-tipe representasi visual. Hasil penelitian menunjukan, jenis representasi visual dalam bentuk gambar menunjukan tingkat yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan diagram. Hubungan antara representasi visual dengan isi materi banyak yang bermakna. Hubungan representasi visual dengan realitas menunjukan hubungan yang realistis. Representasi visual yang terdapat dalam buku biologi mayoritas berfungsi dalam memberikan contoh. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan kalau representasi visual dalam buku biologi mempunyai peranan yang penting. Kata Kunci: Representasi visual, Buku teks, gambar, diagram.

Full Text:

PDF

References


Anagnostopoulou, K., Hatzinikita, & Christidou, V. (2012). PISA and Biology School Textbooks: the Role of Visual Material. Elsevier [Online]. 46(2012) 1839-1845. Tersedia: www.sciencedirect.com [10 Juli 2013].

Anderson, T. R., Schonborn, K. J. Plessis, L., Gupthar, A. S, & Hull, T. L. (2013). Identifying and Developing Students’ Ability to Reason with Concepts and Representations in Biology. In Tsui, C. & Treagust, D. F. (Ed.), Multiple Representations in Biological Education(pp. 3-18). London: Springer.

Asenova, A. & Reiss, M. (2011). “The role of Visualization of Biological Knowledge in the Formation of Sets of Educational Skills”.

Bungin, B. (2003). Teknik-teknik Analisis Kualitatif dalam Penelitian Sosial. Dalam Bungin, B. (ed.), Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Clark, J. M. & Paivio, A. (1991). Dual Coding Theory and Education. Educational Psychology Review, Vol. 3, No. 3, 1991.

Coleman, J. M. mcTigue, E. M., & Smolkin, L. B. (2010). Elementary Teacher’ Use of Graphical Representations in Science Teaching. Journal Science Teacher Education, Springer.

Dimopoulous, K., Koulaidis, V., & Sklaveniti, S. (2003). Towards an Analysis of Visual Images in School Science Textbooks and Press Articles about Science and Technology. Research in Science Education, 33: 189-216.

Fotakopoulou, D. & Spiliotopoulou, V. (2008). “Visual Representations in Secondary School Textbooks of Economics”. International Conference on Applied Economics-ICOAE.

Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman E., & Hyun, Helen H. (2012). How To Design and Evaluate Reseach in Education. New York: McGraw- Hill.

Gredler, M. E. (2011). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi, edisi ke 6. Terj. Tri Wibowo. Jakarta: Prenada Media Group.

Munir (2013). Multimedia, Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ornstein, A.C. (1990). Strategies for Effective Teaching. New York: Harper Collins Publisher.

Perini, L. (2006). “Diagrams in Biology”.

Roth, W. M., Ardenghi, L.P., & Han J. Y. (2005). Critical Graphicacy, understanding Visual Representation Practices in School Science. Netherlands: Springer.

Roth, W.-M, & Pozzer-Ardenghi, L. (2013). Pictures in Education. In Tsui, C. & Treagust, D. F. (Ed.), Multiple Representations in Biological Education(pp. 3-18). London: Springer.

Sarwanto, (2013) “Analisis Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Sains PPS UNS”. , 1 (1). pp. 16-24. ISSN. Tersedia online: http://eprints.uns.ac.id/1405/.

Stinner, A. (1995). Science Textbooks: Their Present Role and Future Form. In Glynn, S. M. & Duit, R. (Ed.), Learning Science in The

School: Research Reforming Practice (pp. 275-296). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Sund, R. B. & Trowbridge, L. W. (1973). Teaching Science by Inquiry in the Secondary school, second edition. Ohio: Charles E. Merill Publishing Company.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v3i1.556

Article Metrics

Abstract view : 1040 times
PDF - 999 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)