Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII Materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPN 1 Cikijing

Yuliani Yuliani(1*), Dewi Cahyani(2), Evi Roviati(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan literasi sains siswa dan belum pernah diterapkannya pembelajaran berbasis KPS di sekolah tersebut. Penelitian bertujuan mengetahui aktivitas belajar siswa, peningkatan literasi sains siswa, dan respon siswa penerapan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan literasi sains siswa di kelas VII SMPN 1 Cikijing. Penelitian dilaksanakan bulan April-Mei tahun ajaran 2015/2016 di SMPN 1 Cikijing. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Cikijing berjumlah 253 siswa. Sampel diambil secara purposive sampling di kelas VII F jumlah siswa 32 orang kelas eksperimen dan kelas VII G jumlah siswa 32 orang kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas belajar siswa diterapkannya pembelajaran berbasis keterampilan proses sains setiap pertemuannya meningkat, keterampilan literasi sains siswa kelas eksperimen dan kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,3239 dan rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,2322. Hasil uji statistik menunjukkan nilai sig. 0,001 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat perbedaan peningkatan literasi sains siswa signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dan respon siswa pembelajaran berbasis keterampilan proses sains secara keseluruhan mencapai 71,88% dengan kriteria kuat. Kesimpulan penelitian: aktivitas belajar siswa diterapkannya pembelajaran berbasis keterampilan proses sains setiap pertemuannya meningkat, aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen jauh lebih baik dibanding dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol, dan siswa memberi respon positif terhadap pembelajaran berbasis keterampilan proses sains pada konsep pencemaran lingkungan.

Kata kunci: pembelajaran berbasis Keterampilan Proses Sains, literasi sains.


Full Text:

PDF

References


Cartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Depdiknas. 2007. Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hadinugraha, Syam. (2012). Literasi Sains Siswa SMA Berdasarkan Kerangka PISA (The Programme for International Student Assessment) pada Konten Pengetahuan Biologi. [Online]. Http: http://a-research.upi.edu/. Diakses pada tanggal 16 Januari 2016.

Hake, Richard. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Dept of Physics, Indiana University, USA [Online]. Diakses di http://www.physics.indiana.edu pada tanggal 16 Januari 2016.

Haristy. D. R, Enawaty .E, Lestari. I. 2012. Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di Sma Negeri 1 Pontianak. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar Vol.7, NO.1 : 1-13: UNNES

Holbrook, Jack 2009. “The Meaning of Scientific Literacy”. International Journal of Environmental & Science Educational

Irwandi. 2010. Peningkatan literasi sains dan teknologi dalam pendidikan dan implementasinya dalam KTSP. Tersedia Online :http://irwadys.blogspot.com/2010/11/peningkatan-literasi -sains-dan.html.

Jumantoro. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Dan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa. [Online]. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/viewFile/480/272. Diakses pada tanggal 8 Maret 2016

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nuraeni, Nita. Puguh Karyanto. Suciati Sudarisman. 2014. Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, And Explain) Disertai Roundhouse Diagram Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Menjelaskan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta (Penelitian Dan Pengembangan Materi Pencemaran Lingkungan Tahun Pelajaran 2013/2014). BIOEDUKASI. Volume 7, Nomor 1 Halaman 37-43: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret

Nuryani, Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP.

OECD. 2009. The PISA 2000 Assesment of Reading, Mathematical and Scientific Literacy.[Online]. Http://www.oecd.org/publishing.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. [Online]. Http://www.oecd.org/publishing.

OECD. 2013. PISA 2012 Result: What Students Know and can Do-Student Performance in Mathemathics, Reading and Science (Volume I). PISA: OECD Publishing.

Odja, H.A. S.Citron. Payu. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia. FMIPA Universitas Negeri Surabaya

http://www.pisa.oecd.org/dataocd/44/63/33692793.pdf . [10 April]

PISA. 2000. The PISA 2000 Assesment of Reading Mathematical and Scientific Literacy. (Online) Tersedia: http ://www.pisa.oecd.org/dataoecd/44/63/33692793. pdf. Diakses tanggal 20 April 2016

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rustaman, Nuryani. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: FPMIPA UPI.

Rustaman, et al. 2004. Ringkasan Ekslusif: Analisa PISA Bidang Literasi sains . Puspendik

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, D. A dan Haryani, S. 2014. Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Flash Materi Redoks. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/chemined/article/download/3205/4412. Diakses pada tanggal 15 Maret 2016

Sarwono. 2012. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Outdoor Activities Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. [Online]. http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/981/3/T1_292008271_BAB%20II.pdf. Diakses pada tanggal 17 Januari 2016

Sasongko, Adhi Wisnu. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Snow Balling Ditinjau Dari Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMP N 1 Sanden. [Online]. http://eprints.uns.ac.id/16497/1/ SKRIPSI.pdf. Diakses pada tanggal 17 Januari 2016.

Setiawati, Lilis. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: sinar Baru Algesindo

Sopiah, S, et al. 2009. Pembiasaan Bekerja Ilmiah Pada Pembelajaran Sains Fisika Untuk Siswa Smp. [Online]. http://download.portalgaruda.org/article.php. Diakses pada tanggal 15 Januari 2016.

Sudarisman, S. 2010. Tugas Rumah Berbasis Home Science Process Skill (Hsps) Pada Pembelajaran Biologi Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi. FMIPA UNS:Surakarta

Sudarisman,S. 2010. Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Seminar Nasional Pendidikan Biologi. FKIP UNS: Surakarta

Sugeng & Agustin, L. 2013. IPA Terpadu. Klaten : Sekawan

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Toharudin,U. Hendrawati, S. & Rustaman, A.,. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Jakarta: Humaniora

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Bumi Aksara

Wenning, Carl. 2006. A Framework for Teaching The Nature Of Science. J. Phys. Tchr. Educ. Online, 3(3), March 2006. Illinois State University Physics Dept.

Yokhebed, dkk. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatakan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Inkuiri ISSN 2252-7893, VOL 1, No 3 (hal 183-194)

Zuriyani, Elsy. 2012. Literasi Sains dan Pendidikan [Online]. Tersedia di :http://sumsel. Kemenag.go.id/file/file/Tulisan/Wagi/343099486.pdf. [1 April 2016]




DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i2.959

Article Metrics

Abstract view : 1143 times
PDF - 1318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)