PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTS AL-MUATAWALLY KUNINGAN

Elan Jaelani(1*), Wahidin Wahidin(2), Evi Roviati(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas tidak hanya didukung oleh metode mengajar seorang guru tetapi juga didukung oleh media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar aktivitas siswa dalam penerapan media ular tangga bercerita, sejauh mana perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dan bagaimana respon siswa dalam penerapan media Ular tangga bercerita. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, angket dan tes keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTS Al-Mutawally, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik random sampling, yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi peningkatannya dibandingkan kelas kontrol dengan indikator mengajukan pertanyaan, keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan N-Gain rata-rata (0,5) lebih besar dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol (0,43), serta terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa dengan menerapkan media ular tangga bercerita dan yang tidak pada konsep pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap penerapan media ular tangga bercerita (81,5%) terhadap keterampilan berpikir kritis pada konsep pencemaran lingkungan termasuk ke dalam kategori sangat kuat.

 

 

Kata kunci : Media ular tangga bercerita, keterampilan berpikir kritis, pencemaran lingkungan.

 


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Anas Sudijono. 2009 Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarata : Rajawali Pers:2009

Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta :BumiAksara

Aripin, Ipin. 2009. Modul Pelatihan Analisis Data denganSoft ware Excel & SPSS. Cirebon :Tidak di terbitkan

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo

Asyhar,Rayandra. 2012. KreatifMengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Cabrera,G.A.1992. A Framework For Evaluating the teaching of criticalthingking. Dalam R.N Cassel.Education

Dahar,R.W.2006.TeoriteoriBelajar&Pembelajaran. Jakarta :Erlangga

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran.Semarang :CV. IKIP Semarang Press.

Dennis2008.MenguakRahasiaBerpikirKritisdanKreatif.Jakarta.PrestasiPustaka

Depdiknas,2003StandarkompetensimtapelajaranMatematika SD dan MI, Jakarta.Depdiknas.

Duron,R.dkk. 2006. Critical Thingking Framework For Any Discipline. International Journal Teaching And learning in Higher education.vol:160-166

Fisher, Alec. 2009. BerpikirKritis. Jakarta: Erlangga.

Hamdani. 2011. StrategiBelajarMengajar. Bandung : CV. PustakaSetia.

Hartono, Rudi. 2013.Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Diva Pres. Jogjakarta.

Hidayat.R.2010.Pembelajran Konstektual Dengan Stategi Dalam Upaya Pengembanga Kemampuan Pemecahan Masalah Berfikir Kritis Dan Kreatif Matematis Mahasiswa bidang Bisnis.Ringkasan Desrtasi Pada Pps UPI Bandung

Priatna N. 2003. Matematika pembelajran geometri berdasarkan tahap-tahap awal van hiele dalam upayameningktakan kemampuan komunikasi siswa SLTP.Tesis UPI. Bandung

Rahman,2011.Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama

Riduwan.2011. Dasar-dasarStatistika.Bandung: Alfabeta.

Rohayati.2005.Pembelajaran dengan metode improve untuk meningkatkan pemahaman kemampuan komunikatif siswa SLTP.UPI:Bandung

Sadiman, Arief et al. 2014. Media Pendidikan :Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo.

Sanjaya, Wina.2006. Media KomunikasiPembelajaran. Jakarta: KencanaPrenada Media Group

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Setianingsih, Fera. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Handout Tipe Naratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas Vii Di SMP Negeri 1Kedawung Kabupaten Cirebon: IAIN Syekh Nurjati

Sriningsih, N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini PGPAUD FIP:Bandung

Subana. 2005. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda karya

Sugiono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukarja. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran SMA, SMK dan SLB. Jakarta. : Depdiknas.

Suppiah,dkk. 2014. Snake and ladder Games in Cognition Development on Students with Learning Difficulties.American. Reseacrh Institute for Policy Development.

Surapranata, S. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas, danInterprestasi Hasil Tes. Bandung :Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutikno, M. S., 2005.Pembelajaran Efektif: NTP Press,Mataram.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta :KencanaPrenada Media Group

Uno, H dan Mohammad N. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: BumiAksara

Wahyuningsih,Daru,dkk. 2014. Pengembngan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36 A, Surakarta.

Anonimhttps://id.wikipedia.org/wiki/Ular_tanggadiaksespadatanggal 28 Juni pada pukul 09.08

Faby. Rahila. 2010). Kekurangan Logika Matematika Dalam Usaha Stimulasi Logika Kognitif.Tersedia http://issn.pdii.lipi.go.id//.media permainan ulartangga .html. [25 November 2015].

Guntoro.2014.Sejarahulartangga[online].http://sejarahulartangga.blogspot.co.id/diaksespadatanggal 10 januari 2016

Janah, Arinil. 2009. Laporan PTK Ular Tangga PKn. [Online]. Tersedia di http://arinil wordpress.com/2009/10/28/laporan-ptk-ular-tangga pkn/.[12 Januari 2016]

Meltzer. 2008. The Relationship Between Mathemathics Preparation And Conceptual Learning Gains in Physics: a Possiblle“ Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores.

http://ojps.ajp.org/ajp/hotml(Diakses pada tanggal 7 Januari 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v5i1.962

Article Metrics

Abstract view : 791 times
PDF - 720 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)