PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KONSERVASI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 GEMPOL

Yuni Asriyani Mansyur(1*), Kartimi Kartimi(2), Evi Roviati(3),


(1) Tadris IPA IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa SMPN 1 Gempol yang dalam proses pembelajarannya masih belum menunjukkan partisipasi aktif sehingga siswa beranggapan biologi merupakan pelajaran yang sulit difahami dan harus dihafal, serta penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang bervariasi yang menyebabkan hasil belajar masih di bawah KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengkaji aktivitas siswa (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa (3) untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik berbasis Konservasi.

Pendekatan Saintifik berbasis Konservasi merupakan suatu rancangan pembelajaran yang memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa dan berusaha menjadikan isi pelajaran menjadi nyata dan bermakna. Siswa diberikan kebebasan dalam belajar dan berpartisipasi aktif dalam mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan sendiri. Siswa diarahkan agar mampu mempunyai karakter konservasi moral, budaya, lingkungan dan humanis.

Metode eksperimen, desain penelitian menggunakan pertest-posttest control group desaign. Sampel penelitian siswa kelas VII A dan VII C sebanyak 30 Siswa, pada tahun ajaran 2016/ 2017. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil kognitif siswa, lembar obsevasi untuk mengetahui afektif dan psikomotor siswa dan angket untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan pendekatan Saintifik berbasis Konservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sofware SPSS 21, melalui uji normalitas, uji hoogenitas dan uji t (uji hipotesis).

Hasil penelitian menunjukkan (1) prosentase rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik yaitu mendapatkan prosentase nilai rata-rata sebesar 87,50% sedangkan kelas kontrol lebih kecil yaitu 80%. (2) hasil belajar menunjukan adanya peningkatan baik kelas eksperimen ataupun kontrol akan tetapi kelas eksperimen lebih baik. Hasil uji statistik menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailed) 0.000<0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen. (3) Prosentase rata-rata angket respon siswa keseluruhan sebesar 83% dengan kriteria sangat kuat.

                                                                                            

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Konservasi, Hasil Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi &prasetya. 2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar). Bandung: Pustaka Setia

Angkowo,R & Kosasi, A. 2007. Oprasionalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Grafindo

Aripin, Ipin. 2014. Modul Pelatihan Teknik Pengolahan Data dengan Excel dan SPSS. Cirebon: Tidak Diterbitkan

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bayu, 2010, Pendidikan Konservasi. http://mazketspama.blogspot.co.id/2010/09/pendidikan-konservasi.html

Dadan, Roslana. 2013. Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Secara Terpadu.Jurnal UNY.Yogyakarta

Dahar. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Dhaka, Amita. 2012. Biological Science Inquiry Model And Biology Teaching. Bookman International Journal of Accounts, Economics & Business Management, Vol. 1 No. 2, October-November-December 2012 ISSN No. 2319-426X © Bookman International Journals : www.bookmanjournals.com

Edward. 2009. Pengelolaan Data Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta : Salemba Infotek.

Frayudha, D.Angga. 2015. Konservasi Pendidikan.Menejemen Pendidikan S2 UNNES : Semarang

Indrawan, Mochamad;Richard B. Primack dan jatnaSupriatna, 2012. Biologi Konservasi. Jakarta : Yayasan pustaka obor Indonesia.

Machin, A, 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penenman karakter dan Konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal. Unes. JPII 3 (I)28-35.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murpratiwi, Erista. 2012. Pendidikan Konservasi (school visit) 2011 Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung . http://www.tnbabul.org/index.php?option=com_content&view=article&id=473%3Apendidikan-konservasi-school-visit-2011-balai-taman-nasional-bantimurung-bulusaraung-&catid=49%3Aartikel&Itemid=195

Nurul,H. 2015. Pengertian dan Langkah-Langkah Saintifik. http://www.nurulhidayah.net/879- pengertian-dan-langkah- pembelajaran- saintifik.html#!prettyPhoto diakses tanggal 19 November 2015

Nasution, khaeriah.2013. Aplikasi Model Pembelajaran Dalam Perspektif Pendekatan Saintifik.Jurnalhttp://sumut.kemenag.go.id/. Bdk Medan.

Poyyamoli & Ramadoss. 2011. Biodiversity Conservation through Environmental Education forSustainable Development - A Case Study . International Electronic Journal of Environmental Education, 2010 ISSN: 2146-0329 www.iejeegreen.com

Pemerintahan Pendidikan Budaya. 2013. Permendikbud 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riduwan.2011. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sani, RA. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara

Sudjana, I.W. 2005. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Sudjana. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Prodaction

Sukardi. 2007. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : PT Bumi Aksara

Sudrajat, akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Rohimah, Iip. 2009. Alam sekitar IPA terpadu, Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: PT.Leuser cita pustaka.

Wasis, DH. 2008. Jelajah Fakta Biologi 1 Untuk SMP dan MTS. Solo: PT. Tiga serangkai Pustaka Mandiri. Platinum

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zion, Michal. 2011. Tracking Invasive birds: a programme for implementing dynamic open inquiry learning and conservation education. Journal of Biological education, Volume 45, Number 1, ISSN 0021-96.




DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v5i1.963

Article Metrics

Abstract view : 778 times
PDF - 645 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)