PENETRASI AGAMA DAN ILMU SAINS BERBASIS MODEL KURIKULUM GRASS ROOTS DI PERGURUAN TINGGI

Anda Juanda(1*),


(1) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada hakikatnya kurikulum terintegrasi atau tidak dikenal istilah dikhotomi (pemisahan) antara agama (Islam) dan Ilmu Alam (sains). Setelah muncul abad renaisans menimbulkan pemisahan terutama agama dan sains. Kewenangan melakukan penetasi (pencegahan) terjadinya dikhotomi di atas terletak pada model kurikulum yang dimplementasikan oleh guru khususnya. Suatu kurikulum sebagai alat penetrasi relasi agama dan sains adalah “model kurikulum grass roots”. Model kurikulum ini memberi kewenagan penuh kepada guru bahwa pembelajaran agama dan sains disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang dikehendaki guru dengan tetap mengembangkan kompetensi peserta didik. 


Full Text:

PDF

References


Al-Syaibany. 1978. Falsafah Pendidikan Islam. (terjemah). Jakarta: Bulan Bintang.

Dorrell, J. 1993. Resoursce – Based Learning: Using Open and Flexsible Learning Resorces For Continuous Development. London – New York: McGraw-Hill Book Company.

Hasan, H.S. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana.

Hamalik, O. 2006. Manajemen Implementasi Kurikulum: Bagi Pengembang, Pengelola, dan Pengawas. Bandung: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, O. 2000. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Glan Hass, at al. 2006. Curriculum Panning A Contemporary Approach. Botson: Pearso.

Kartanegara (2005: 15). Integrasi Ilmu-ilmu Agama dan Ilmu-Ilmu Umum. Jakarta: UIN Press.

McNeil John D. 1990. Curriculum A Comprehensive Introduction. Botson: Little Brown & Co, Inc.

Kembung,K. (2011). Filsafat Ilmu. Jakarta: RajaGrafindo.

Nasution, S. 1998. Kurikulum Dan Pengjaran. Jakrta: Bina Akasara.

Poedjiadi, A. (1973). Filsafat Ilmu Bagi Pendidik. Bandung: Yayasan Cendrawasih.

Sukmadinata. 2006. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: Rosda.

Soedijarto. (2001). Reformasi Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang.

Tafsir, A. (2007). Filsafat Umum. Bandung: Rosda.

Taba, H. 1962. Curriculum Development Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.

Zais, Robert S. 1976. Curriculum Principles And Foundation. New York: Harper & Row Publisher.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i1.977

Article Metrics

Abstract view : 877 times
PDF - 648 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)