PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN GYMNOSPERMAE KELAS X DI SMA NEGERI 1 CIWARINGIN

Dwi Ayu Ratnasari(1*), Endang Endang(2), Novianti Muspiroh(3),


(1) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Bioentrepreneurship merupakan proses pembelajaran yang menekankan pembelajaran secara nyata dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dan membekali siswa untuk membuat produk yang bernilai jual serta melakukan analisis ekonomi sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016 – 2017. Kelas eksperimen: X – 1, 34 siswa dan kelas kontrol: X – 2, 34 siswa. Desain penelitian: pretest – postest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian: tes, lembar observasi, dan angket respon. Teknik analisis data : uji normalitas, uji homogenitas dan iji hipotesis. Hasil penelitian: (1) Aktivitas belajar siswa pada saat penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship mengalami peningkatan pada setiap pertemuan (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diterapkan pembelajaran Bioentrepreneurship dengan yang tidak diterapkan pembelajaran Bioentrepreneurship (3) Respon belajar siswa terhadap penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship menunjukan rata – rata angket respon siswa secara keseluruhan termasuk kriteria baik. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship mendapat respon positif.

Kata kunci: Pembelajaran Bioentrepreneurship, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar, dan Respon Siswa


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Anni, Cathrina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aripin, Ipin. 2013. Modul Pelatihan Teknik Pengolahan Data dengan

Exel dan SPSS. Cirebon: Tidak Diterbitkan.

Asmani, J. M. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: DIVA Press.

Campbell N.A. dan Reece J.B. 2005.Biology. Edisi ke-7. San Fansisco: Pearson Benjamin Cummings.

Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Darsono, Max.dkk. 2000. Belajar dan Pembelajran. Semarang:IKIP Semarang Press.

Djamarah, Syaiful B. dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Endah R.S. Sumarno dan Prasetiyo. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Berperspektif Kewirausahaan. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Dewi, Endah R.S. Sumarno dan Prasetiyo. Artharina, Filia P. 2012.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kewirausahaan untuk Peningkatan Berpikir Kreatif, Minat Berwirausaha dan Hasil Belajar Siswa. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Fitriah, Eka. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioteknologi Berorientasi Bioentrepreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat Wirausaha, dan Hasil Belajar Siswa. Volume 1 Nomor 1. 2012. Cirebon: Nurjati Press.

Hasution, Arman Hakim, dkk. 2007. Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haryati, mimin. 2014. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Referensi.

Herryanto, Nar dan Akib Hamid. 2008. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Indrawati, dkk.Modul Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: PTKIPA Press.

Ibrahim, Muslimin. Dkk.2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Press.

Masitoh,dkk. 2010. Pendidikan di Sekolah. Salatiga: Widya Sari.

Purnomo, B.H. 2005. Membangun Semangat Kewirausahaan. Yogyakarta : Laksbang Pressindo.

Putra, S Rizama. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Perss.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2000. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Rustaman, Adrian. Uus Toharudin, Sri Hendrawati. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Jakarta: Humaniora.

Saifuddin.Tanpa Tahun. Pengelolaan Pembelajaran teoritis dan praktis. Cirebon:FITK Press.

Salma, Dewi Prawiradilaga. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Eveline dkk. 2010. Teori Belajar Mengajar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana and Ahmad Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjiono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 1983.Organisasi dan Administrasi Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang: UNES Press.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: PT Salemba Empat.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Mengajar Yang Keatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winardi.2003.Entrepreneur dan Entrepreneurship.Jakarta: Prenada Media.

Wijaya, 2001.Statistik Non Parametrik. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i1.980

Article Metrics

Abstract view : 834 times
PDF - 525 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)