PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PAKET KURTILA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH DUKUPUNTANG KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Atun Shofiyatun(1*), Nurlela Nurlela(2), Nawawi Nawawi(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku paket Kurtilas Akidah Akhlak bisa diartikan lembaran-lembaran yang digunakan oleh peserta didik sebagai pedoman dalam proses pembelajara, serta berisi tugas yang dikerjakan oleh peserta didik baik berupa soal maupun kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik. Prinsipnya buku paket Akidah Akhlak kurtilas tidak dinilai sebagai dasar perhitungan rapot, tetapi hanya diberi penguat bagi yang berhasil menyelesaikan tugasnya serta diberi bimbingan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan, mengandung permasalahan sehingga peserta didik dapat mengembangkan pola pikir mereka dengan memecahkan permasalahan tersebut. Buku Paket Kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu media pengajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar diMTs Al-Hidayah Dukupuntang. Diharapkan penggunaan buku kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang.

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penggunaan buku paket kurtilas mata pelajaran Akidah Akhlak, prestasi belajar yang  diperoleh siswa kelas VII serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kedua variabel tersebut.

Kerangka pemikiran skripsi ini adalah bahwa media pengajaran berupa Buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.

Metode penelitian skripsi ini adalah metode penilitian kuantitatif dengan mendekatkan empirik dan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri atas observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket.

Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak tergolong baik, tebukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukan nilai 70,31% (Baik), prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Dukupuntang tergolong cukup, tebukti dari hasil raport yang diberikan kepada siswa menunjukan nilai 73,07% (Cukup). Dan adapun pengaruh buku paket kurtilas mata pelajaran akidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Dukupuntang menunjukan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai korelasi sebesar 0,001 pada penilitian produc moment yang berada pada jarak 0.000-0.200 dengan korelasi sangat rendah.

Kata Kunci :kurtilas, aqidah akhlak


Full Text:

PDF

References


Abdulah Ishak. 2013.Teknologi Pendidikan.Bandung:Remaja rosda karya.

Ahmadi, Abu, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arifsunarya.2011.HakikatDanFungsiTelaahBukuTeksBagi-Guru/.Jakarta: Pustaka Pribadi

Annurahman, 2010, Belajar dan Pembelaran, Bandung: Alfabet

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Preaktif,Jakarta: Rineka Cipta

Anderson, Ronald H. 1987, Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta: Raja Wali

Arsyad, Azhar, 2003, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asnawir, Basyiruddin, 2002, Media Pembelajaran. Jakaerta: Ciputat Press

Asnair.2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press

Daryono, 2011, Media Pembelajaran, Bandung: Satu Nusa

Harjali, 2011, Teknologi Pendidikan.Ponorogo : STAIN Po press

Hamalik Oemar,2004, Media Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah.2012.Model Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah,Uno. 2010, Orientasi dalam Psikologi Pembelajaran, Bandung: Cetakan ke 4

Kementrian Agama Republik Indonesia,2014, Akidah akhlak Pendekatan Saintifik kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Agama 2014

Muhammad shohib,2007,Syamil Al-Qur’an.Bogor: Departemen Agama SYGMA

Muhibbin Syah, 2010, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution,2008, Teknologi Pendidikan,Jakarta: Bumu Aksara

Nata Abudin, 2008, Menejemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Medya Group

Raharjo, Hendri, 2009, Suplemen Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer, Cirebon: Pangger

Ramayulis, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Sagala, Syaiful, 2006, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Al-Fabeta

Sitangal, Anshori Umar, 1989, Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, Semarang: CV Toha Putra

Subana, 2005, Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Subur, 2009, Modul/Hand Out Statistik Pendidikan Dasar: Manual (untuk kalangan sendiri)

Sudjana,2005,Metode Statistik.Bandung: Tarsito

Syuheb,dkk.2006,Model Pembelajaran Efektif PAI di SD/MI.Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Yamin, Martinis. 2007, Kiat Membelajarkan Sisswa, Jakarta: Gaung Persada Press

UUD Republik Indonesia2003, Sistem Pendidikan Nasional

Wina Sanjaya, 2006,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,Jakarta : Kencana




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1234

Article Metrics

Abstract view : 798 times
PDF - 866 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Atun Shofiyatun, Nurlela Nurlela, Nawawi Nawawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia